Perpaduan Wisata Alam dan Budaya Nusa Penida Melalui Barong Dance

Selasa, 02 Juli 2024 – 15:45 WIB
Barong Dance merrupakan perpaduan wisata alam dan budaya Nusa Penida. Foto: Pemkab Klungkung

jpnn.com, NUSA PENIDA - Nusa Penida yang dikenal dengan keindahan alam dan wisata bahari, kini makin menonjol dengan kekayaan budaya yang memikat hati.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Ni Made Sulistiawati menyampaikan pentingnya atraksi budaya dalam memperkaya dan memperkuat daya tarik wisata Nusa Penida.

BACA JUGA: Tagline The Blue Paradise Island Nusa Penida Makin Dipertajam

Pada Sabtu (29/6) malam, Desa Adat Dalem Setra Batununggul menggelar pementasan Barong Dance di areal Pura Batununggul yang sukses menarik perhatian wisatawan.

Menurut Ni Made Sulistiawati, atraksi seni budaya seperti Barong Dance ini memberikan warna tersendiri bagi destinasi wisata Nusa Penida.

BACA JUGA: 3 Pelabuhan Diresmikan, Berlibur di Nusa Penida Makin Nyaman

"Wisatawan kini tidak hanya bisa menikmati keindahan alam dan wisata bahari, tetapi juga menyaksikan kekayaan budaya yang unik dan memukau," ujar Sulistiawati, dalam keterangannya, Selasa (2/7).

Sulistiawati menambahkan bahwa keberadaan atraksi budaya seperti ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi sektor pariwisata Nusa Penida.

BACA JUGA: Indah Kalalo Ajak Masyarakat Nikmati Keindahan Nusa Penida

"Jika atraksi ini diadakan secara berkelanjutan, kita bisa melihat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, yang tentunya akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat," tambahnya.

Dia menegaskan bahwa Pemkab Klungkung akan terus mendukung kegiatan budaya sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan di Nusa Penida.

Nusa Penida, dengan pantainya yang indah seperti Pantai Kelingking dan Pantai Crystal Bay, menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan air laut yang jernih.

Selain itu, pesona bawah lautnya yang kaya dengan terumbu karang dan kehidupan laut membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk snorkeling dan diving.

Sulistiawati pun mengajak para pelaku industri pariwisata dan komunitas budaya untuk terus berinovasi dan bekerja sama dalam mempromosikan Nusa Penida.

"Dengan sinergi antara alam dan budaya, Nusa Penida akan menjadi destinasi wisata yang lengkap dan menarik bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia," katanya.

Selain itu, Sulistiawati menekankan pentingnya promosi yang efektif untuk menarik lebih banyak wisatawan.

"Kami juga akan bekerja sama dengan influencer dan media untuk meningkatkan visibilitas destinasi ini," tambahnya.

Ke depannya, Pemkab Klungkung akan terus mengembangkan program-program pariwisata lain yang sejalan dengan pelestarian budaya lokal. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler