Persebaya vs Persiba: Green Force Berpeluang Lolos

Senin, 26 Februari 2018 – 07:43 WIB
Para pemain Persebaya Surabaya. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, BALIKPAPAN - Persebaya Surabaya akan menghadapi Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, Balikpapan, malam ini (siaran langsung MNCTV pukul 19.30 WIB).

Green Force, julukan Persebaya, berpeluang lolos ke semifinal Piala Gubernur Kaltim (PGK) II/2018, jika mampu mengalahkan tim tuan rumah itu.

BACA JUGA: Kembali Cetak Gol, Beto Termotivasi Top Scorer Lagi

Ya, memang tidak otomatis lolos kalau menang. Sebab, masih bergantung laga sebelumnya pada sore hari antara Sriwijaya FC melawan Madura United.

Apabila Madura United kalah dan Persebaya menang melawan Persiba, maka tiket semifinal sudah pasti di tangan.

BACA JUGA: Kalah Lagi, Arema FC Babak Belur di Piala Gubernur Kaltim

Penyebabnya, dengan koleksi satu angka yang dimiliki Madura United, membuat mereka tak akan lagi mampu mengejar Persebaya dalam pertandingan terakhir.

Kebetulan, kendati berstatus tuan rumah, Persiba yang berkompetisi di Liga 2 2018 terbilang sebagai underdog di grup B.

BACA JUGA: RD Pastikan Seluruh Pemain SFC Mendapat Jam Main yang Sama

Sudah lama Persebaya dan Persiba tidak berhadapan. Apalagi musim lalu Persebaya di Liga 2 dan juara, sedangkan Persiba di Liga 1 dan terdegradasi.

Sehingga kurang relevan untuk memperhitungkan rekor bentrok kedua tim. Namun, di atas kertas saat ini Persebaya di atas angin.

Sekalipun begitu, pelatih Persiba Wanderley Junior menolak tunduk. Pelatih asal Brasil itu menyakini Persebaya bisa dipersulit.

”Kami tentu incar kemenangan. Tapi, kami tetap respek terhadap Persebaya. Bagaimanapun juga mereka tim besar dan memiliki skuad yang bagus,” ujar mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Problemnya, Persiba tidak bisa turun dengan kekuatan terbaiknya lantaran Siswanto yang biasa mengisi posisi sayap serangan terancam absen karena cedera.

Sebagai gantinya, Wanderley punya opsi memainkan Beni Oktavianto atau Rosi Nopriharis.

Di kubu Persebaya, mereka kehilangan Sidik Saimima yang terkena kartu merah dalam pertandingan pertama melawan Madura United (24/2).

Sedangkan, Nelson Alom, Irfan Jaya, dan Osvaldo Haay baru selesai menjalani pemusatan latihan timnas U-23 Indonesia. Juga, Robertino Pugliara mengalami cedera ringan.

Dalam situasi ini, pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera bakal melakukan rotasi. Abu Rizal yang bisa bermain sebagai gelandang bisa digeser ke depan atau memainkan Adam Maulana.

Kalau Abu Rizal digeser ke tengah, maka M. Syaifuddin akan mengisi bek kanan dengan Arthur Irawan sebagai pelapis.

”Seharusnya itu posisi Nelson, tapi mereka baru datang. Saya belum bisa memastikan dia bisa bermain atau tidak,” ucap pelatih asal Argentina itu.

Lebih diunggulkan dari tuan rumah tidak membuat Alfrero besar kepala. Dia tetap mewaspadai permainan Persiba yang dalam laga perdana kemarin sempat merepotkan Sriwijaya FC.

Apalagi, kualitas kiper Fajar Setya Jaya juga sangat apik. ”Semua tim berat bagi kami, apalagi tuan rumah. Tapi, kami berusaha untuk menang,” ucapnya. (nia/ham)

Perkiraan Pemain

Persiba (4-3-3): 71-Fajar Setya Jaya (g); 2-M. Kasim Slamat, 19-Hery Susilo, 6-Sunni Hizbullah, 14-Fathul Rahman;8- Bryan Caesar (c), 88-Yus Arfandi, 33-Yosef Yopi Marandof; 17-Rosi Noprihanis, 10-Beni Oktavianto, 25-Dimas Galih

Pelatih: Wanderley Junior

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar Saputra(g); 4-M. Syaifudin, 5-Otavio Dutra, 21-Fandry Imbiri, 14-Ruben Sanadi; 12-Rendi Irwan (c), 22-Aburizal Maulana, 6-Misbakus Solihin; 8-Oktafianus Fernando, 11-Feri Pahabol, 26-Rishadi Fauzi

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Stadion: Batakan, Balikpapan

Live: MNCTV pukul 19.30 WIB

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mitra Kukar vs PSIS: Rotasi agar Pemain tak Lelah


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler