Persebaya vs PSIM, Perebutan Tiket 16 Besar

Rabu, 16 Agustus 2017 – 05:18 WIB
Pemain Persebaya selebrasi. Foto: Angger Bondan/dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Persebaya Surabaya akan menghadapi PSIM Jogjakarta di  Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, nanti malam (siarang langsung TV One pukul 18.30).

Keduanya sedang berebut tempat untuk mengisi dua slot grup 5 Liga 2 yang berhak mendapat tiket 16 besar.

BACA JUGA: Jaino Matos Sebut Yance Sang Pemecah Kebuntuan

Pada putaran pertama lalu, laga yang mempertemukan kedua tim berakhir imbang 1-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Aroma revans memang tidak ada di laga ini. Akan tetapi, ada pencapaian lain yang bisa diraih jika meraih tiga poin di laga ini.

BACA JUGA: Persebaya Siapkan Trio Papua Buat Ladeni PSIM

Sebagai pemuncak klasemen dan penghuni peringkat tiga, jarak poin Persebaya dan PSIM terpaut lima angka (22-17).

Bagi Persebaya, jika menang atas PSIM maka akan membuat langkah ke babak 16 semakin mudah. Sebab, jarak keduanya akan melebar menjadi delapan.

BACA JUGA: Bidik Tiga Poin dari PSIM, Persebaya Perbaiki Organisasi Permainan

Tetapi, mereka masih harus menunggu hasil yang diraih Persatu Tuban kala melawat ke markas Madiun Putra pada 19 Agustus nanti.

Persatu yang punya 17 poin masih mungkin mengejar poin Persebaya karena mereka memiliki tiga laga.

Sedangkan, PSIM memang tidak punya pilihan lain. Oleh sebab itu, klub berjuluk Laskar Mataram itu juga mengincar tiga poin.

“Kami dan PSIM masih punya peluang untuk ke 16 besar. Tapi, saya ingin bawa Persebaya raih tiga poin. Saya tidak akan memberi mereka (PSIM, red) peluang untuk menang dan merebut poin dari kami,” tegas pelatih Persebaya Alfredo Vera kemarin.

Lebih lanjut, Alfredo sangat antusias menyambut laga ini. “Klub lain kalau lawan Persebaya bermain kasar sampai pemain cedera. Yang saya tahu PSIM tidak seperti itu. Laga ini akan berjalan menarik. Saya yakin mereka punya motivasi berlipat juga untuk mengalahkan kami,” ujarnya.

Pelatih asal Argentina itu sangat senang dengan kondisi timnya. Skuad Green Force –julukan Persebaya- pun dalam kondisi yang lebih mantap.

Skuad mereka lengkap, tanpa ada yang terkena akumulasi kartu dan cedera. Bertindak sebagai tuan rumah jelas akan membantu karena Bonek bakal memberikan dukungan maksimal untuk tim kebanggaannya.

Dukungan keluarga pun juga penting bagi para penggawa Persebaya. Kebetulan, bek Andri Muliadi kedatangan orang tua, kakak, dan tunangannya untuk menonton langsung di GBT nanti malam.

Ya, keluarga Andri datang jauh-jauh dari Aceh Besar untuk memberikan dukungan kepada bek bernomor pungung 44 itu.

“Motivasi pasti jadi lebih berlipat. Selain berusaha tampil bagus untuk tim, saya juga ingin mereka melihat saya bermain dengan baik. Saya ingin mempersembahkan kemenangan, kalau bisa cetak gol juga. Semua untuk keluarga dan Bonek,” ucap pemain 24 tahun itu.

Perjuangan maksimal sepertinya harus dilakukan oleh para pemain PSIM. Sebab, klub berjuluk Laskar Mataram itu harus rela tampil tanpa pelatih kepala Erwan Hendarwanto karena sedang mengikuti kursus lisensi kepelatihan C AFC.

Sebagai pengganti, asisten pelatih Ananto Nurhani akan menemani Achmad Taufiq dkk untuk laga nanti.

Menurut Ananto, absennya head coach bukanlah masalah bagi tim. Sebab, pihaknya sudah mempersiapkan tim untuk laga ini dengan baik.

Sayangnya, skuad mereka pun tengah dalam kondisi tidak maksimal. Gelandang andalan Raymond Tauntu harus absen karena sebelumnya mendapat kartu merah kala melawan Madiun Putra (9/8).

“Pemain yang kami bawa sudah siap semua. Segala kekurangan yang dimiliki oleh klub ini telah diantisipasi. Saya rasa kami bisa menyuguhkan permainan menarik di laga ini nanti,” kata pria 33 tahun itu. (dit)

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3)

92-Dimas Galih (g); 31-Kurniawan Karman, 21-Fandry Imbiri, 44-Andri Muliadi, 25-M. Irvan; 6-Misbakus Solikin (c), 22-Abu Rizal Maulana, 96-M. Hidayat; 41-Irfan Jaya, 78-Yogi Novrian, 8-Oktafianus Fernandi

Pelatih: Angel Alfredo Vera

PSIM Jogjakarta (4-2-3-1)

21-Ony Kurniawan (g); 17-Said Mardjan, 51-Edo Pratama, 6-Achmad Taufiq (c), 77-Riskal Susanto; 27-Andi Dwi Kurniawan, 11-M. Rifky; 19-Dicky Prayoga, 8-Hendika Arga, 15-Rangga Muslim; 32-Engkus Kuswaha

Asisten Pelatih: Ananto Nurhani

Di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Kickoff pukul 18.30 (Live TV One)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kepri Jaya FC Usung Misi Besar Lawan PS Timah Babel


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler