Persiapan Piala Dunia U-17, Fasilitas JIS Bakal Direnovasi

Selasa, 04 Juli 2023 – 20:37 WIB
Jakarta International Stadium (JIS). Ilustrasi Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan akan menambah sejumlah fasilitas di Jakarta International Stadium (JIS).

Hal ini menyusul adanya kemungkinan JIS dipilih sebagai venue Piala Dunia U-17 di Jakarta karena Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

BACA JUGA: Erick Thohir Berkomitmen Benahi 22 Stadion Termasuk JIS Menjelang Piala Dunia U-17

Basuki menuturkan hal ini saat meninjau JIS bersama Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Yang pertama adalah akses pintu masuk dan keluar untuk 82 ribu penonton sesuai kapasitas JIS. Menurut dia, saat ini sudah mulai diperbaiki oleh pihak PT Jakarta Propertindo.

BACA JUGA: Menjelang Piala Dunia U-17, Pemerintah Akan Renovasi 22 Stadion, Menpora Singgung JIS

“Kemudian akses ke stadion, yang ada existing sekarang hanya satu. Menurut saya, ini bahaya ya. Securitynya apalagi di lingkungan penduduk,” ucap Basuki di lokasi, Selasa (4/7).

Untuk itu, Kementerian PUPR dan PT Jakpro akan menambah lima akses lagi termasuk jembatan-jembatan penyeberangan yang tersambung langsung ke Ancol untuk dijadikan area parkir.

BACA JUGA: BKN Kembalikan Dokumen 6.070 Calon PPPK Guru 2022, NIP Tertunda, kok Bisa

“Kemarin pengalaman Jakmania, banyak yg parkir di Ancol dan kalau mau ke sini harus mutar. Jadi, akan kami bangunkan jembatan supaya lebih cepat,” kata dia.

Selanjutnya, Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI juga tengah membangun stasiun kereta api JIS untuk memudahkan penonton ke stadion itu.

“Untuk tol, Jasa Marga kami akan mempercepat agar bisa jadi akses lagi. Semua keroyokan, ada yg dikerjakan Pak Gubernur DKI, ada yang dikerjakan PUPR, ada yang dikerjakan KAI, Jasa Marga,” tuturnya.

Yang terakhir, pihaknya juga akan mengganti semua rumput di JIS karena berdasarkan evaluasi, tidak masuk dalam standar Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Untuk jangka panjangnya, rumput JIS kemungkinan harus diubah sesuai dengan standar FIFA.

“Kami akan ganti semua rumput tersebut. Pak Kamal sebagai ahli agronomi untuk rumput di stadion. Menurut beliau, harus diganti kalau mau 3 bulan bisa dipakai. Itu jangka pendek saja,” kata Basuki. (mcr4/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler