Persib Kalah, Persija Jakarta Juara Piala Menpora 2021

Minggu, 25 April 2021 – 22:33 WIB
Persija Jakarta resmi menjadi juara Piala Menpora 2021 setelah menang 2-1 pada leg kedua final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/4) malam WIB. Foto: SC/vidio

jpnn.com, JAKARTA - Persija Jakarta resmi menjadi juara Piala Menpora 2021 setelah menang 2-1 pada leg kedua final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/4) malam WIB.

Hasil itu membuat agregat pertemuan kedua tim menjadi 4-1. Pasalnya, di leg pertama, tim berjuluk Macan Kemayoran itu juga menang 2-0 atas Maung Bandung pada 22 April lalu.

BACA JUGA: Ateng dan Ayah Angkatnya Sudah Ditangkap, Tuh Lihat Tangan Keduanya Diborgol

Tempo partai final yang kedua ini berbeda dengan pertemuan pertama, dengan alur yang begitu cepat dan tensi keras. Kedua tim memulai pertandingan dengan tempo lambat, namun kendali permainan dikuasai oleh Persib Bandung yang memang mengejar defisit dua gol.

Agresivitas Maung Bandung ternyata bisa diantisipasi oleh pemain Persija yang dalam laga kali ini bermain lebih bertahan dan menunggu pemain Persib di daerah pertahanan mereka.

BACA JUGA: Babak Pertama Persib vs Persija: Macan Kemayoran Makin Dekat dengan Gelar Juara

Walaupun Persib membangun banyak serangan, disiplinnya barisan pertahanan Persija, membuat Wander Luiz dan Esteban Vizcarra yang mendapatkan peluang di menit-menit awal gagal menyasar target gawang lawan.

Walaupun tempo lambat, saat serangan dibangun, tensi keras tetap terasa. Rivalitas kedua tim terlihat saat Bayu Fiqri dari Persib harus melanggar pemain Persija yang membangun serangan balik cepat pada ke-13, dia mendapatkan kartu kuning. Pemain Persija Marco Motta juga kena kartu kuning pada menit ke-16.

BACA JUGA: Mobil Tauke Karet Diberondong Peluru, Uang Ratusan Juta Rupiah Digasak Perampok

Petaka bagi Persib datang pada menit ke-23. Penyebabnya, Bayu Fiqri kembali diberi kartu kuning oleh wasit Agus Fauzan Arifin usai melanggar keras Marco Motta. Alhasil, dia pun diusir keluar lapangan akibat pelanggaran tersebut.

Hanya bermain sepuluh orang ternyata tak membuat Persib menghentikan serangannya. Mereka terus menekan Persija, tetapi kondisi itu justru membuat lini pertahanan mereka keropos. Sepanjang 15 menit terakhir babak pertama, ada peluang emas yang dihasilkan Persija melalui Taufik Hidayat, Osvaldo Haay, dan Rohit Chand. Sayang skor tak berubah sampai laga babak pertama usai.

Pada babak kedua, perubahan dilakukan Maung Bandung. Menarik Wander Luiz dan memasukkan Ferdinand Sinaga serta mengganti Henhen Herdiana dengan Supardi Nasir. Sayang, perubahan itu tak banyak memberikan keuntungan bagi Persib.

Bermain dengan sepuluh pemain dan Persija tinggal mengamankan kemenangan, memilih bermain negatif dan menantikan Persib. Saat menguasai bola, Persija juga banyak memainkan bola di daerahnya sendiri untuk memancing pemain Persib maju.

Rupanya, taktik dari Pelatih Persija Sudirman ini mampu menjadikan pemain Persib Frutrasi. Taktik memancing ini membuahkan hasil, saat Persib mencoba melakukan serangan, Persija kemudian mencuri bola dan melakukan serangan setelah Yan Motta melepaskan umpan panjang ke depan.

Bola yang jatuh di kaki Riko Simanjuntak langsung dimanfaatkan dan membangun serangan dengan baik. Sembari setengah salto, Riko mengirimkan umpan ke Osvaldo Haay yang tak terkawal. Dia melepaskan sepakan keras dan membuat gawang Persib kebobolan, 0-1 Persija unggul menit ke-51.

Persib setelah kebobolan gol itu tampil tanpa beban. Mereka semakin agresif karena tak ada gunanya juga menantikan persija menyerang. Serangan dibangun dan mendaptkan peluang via Beckham Putra. Tetapi, sepakan pemain belrabel timnas itu belum menemui sasaran.

Peluang kembali didapatkan oleh Persib, setelah Ferdinand Sinaga mendapatkan sepakan bebas. Sayang, tendangan pemain senior itu hanya melambun tinggi di atas mistar gawang Persija yang dijaga Andritany Ardhiyasa.

Persib yang belum bisa mencetak gol ke gawang Persija kemudian melakukan pergantian pemain kembali untuk meningkatkan serangan. Namun, kukuhnya tembok pertahanan Macan Kemayoran membuat segala upaya Maung Bandung sia-sia.

Tak berputus asa, Maung Bandung kembali membangun serangan. Pada menit ke-83, Persib mendapatkan sepakan bebas yang diambil oleh Ferdinand Sinaga. Sepakan yang diarahkan ke tiang jauh itu menemui sasaran! Gol, Persib mampu menyamakan kedudukan 1-1. 

Persib kembali mendapatkan peluang pada menit ke-89, via sepakan pojok Erwin Ramdani. Namun, antisipasi dari Persija membuat bola bisa aman.

Sebaliknya, Persija yang melihat pemain Maung Bandung naik  melakukan serangan balik. Riko Simanjuntak yang berdiri tak terkawal menggiring bola sebelum menuntaskannya dengan sepakan keras yang menghujam gawang Made Wirawan.

BACA JUGA: Justin Tewas Mengenaskan Usai Minum Kopi di Lapo Tuak

Skor kembali berubah 1-2 untuk Persija. Skor itu bertahan sampai laga usai dan Persija menjadi juara. (dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler