Persiba vs Sriwijaya FC: Laga Berat Sang Tuan Rumah

Sabtu, 24 Februari 2018 – 00:12 WIB
Para pemain Sriwijaya FC saat latihan. Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos

jpnn.com, BALIKPAPAN - Persiba akan menghadapi Sriwijaya FC dalam laga pembuka penyisihan Grup B Piala Gubernur Kaltim II/2018 di Stadion Batakan, Balikpapan, sore ini.

Bagi Persiba, ini merupakan laga berat. Bagaimana tidak. Berlatar belakang sebagai klub Liga 2, tim berjuluk Beruang Madu ini akan langsung menghadapi kontestan terkuat yakni Sriwijaya FC.

BACA JUGA: Arema vs PSIS: Singo Edan Tanpa Empat Pilar

Meski hanya diperkuat pemain lokal, namun Persiba tetap menargetkan kemenangan. Kerja keras dan motivasi tim akan digenjot untuk memberikan perlawanan bagi Laskar Wong Kito.

Anak-anak asuh Pelatih Wanderley Junior ini juga ingin memberi permainan yang menghibur bagi suporter Kota Minyak.

BACA JUGA: Empat Pemain Persebaya Baru Gabung 25 Februari

“Siapa yang main bagus tentu akan menang, pemain akan tunjukkan permainan penuh motivasi,” kata Wanderley pada konferensi pers PGK II di Swiss Belhotel, Balikpapan, Jumat (23/2).

Diakui, Persiba punya posisi kurang menguntungkan di grup B. Karena, selain Sriwijaya FC, Bryan Cesar cs bakal bersua dengan Madura United dan Persebaya Surabaya.

BACA JUGA: Borneo FC vs Mitra Kukar, Derby Mahakam Ini Bakal Sengit

Wanderley bukannya tak sadar timnya berada di grup maut. Akan tetapi, hal tersebut diakuinya justru baik untuk para pemain. Jika bisa mengatasi tekanan, Persiba bakal punya kans makin besar lolos ke fase selanjutnya.

“Pemain lebih percaya diri. Sekarang materi kami sudah berbeda. Jadi kami tetap optimistis bisa merebut poin,” kata Wanderley.

Dukungan suporter, kata Wanderley, bakal dijadikan suntikan tenaga bagi para pemain. Selain “pemain kedua belas”, Stadion Batakan diharapkan bisa kembali memberi tuahnya.

Ya, kandang baru Beruang Madu ini memang bukan tempat ramah bagi tim tamu. Tercatat hanya dua klub yang mampu mengalahkan Persiba musim lalu di Liga 1, yakni Barito Putera dan Madura United. Hal ini tentu bakal jadi motivasi lebih bagi pemain Persiba.

Persiba wajib mawas diri. Pasalnya, dari segi teknis Sriwijaya FC punya skuad yang lebih komplet dan mentereng. Di lini tengah mereka punya Makan Konate dan Adam Alis serta Yu Hyun-koo.

“Gelandang mereka diisi pemain berkualitas dan juara, tapi kami akan coba main penuh konsentrasi. Pemain juga bisa dapat pelajaran karena bakal berhadapan dengan pemain bagus,” ujar dia.

Tak cuma itu, lini depan mereka juga tak kalah garang. Tercatat Sriwijaya FC punya Alberto Goncalves, Manucherkhr Dzhalilov, Patrich Wanggai, dan Esteban Vizcarra.

Saat ini, Sriwijaya FC boleh disebut sedang berada dalam top perform pasca-meraih peringkat ketiga Piala Presiden. Sang arsitek Rahmad Darmawan juga mengaku membawa skuad terbaik pada PGK kali ini.

“Kami bawa 27 pemain terbaik, minus Syahrian Abimanyu dan Samuel yang sedang ikut pemusatan latihan di Timnas,” ungkapnya.

Meski membawa skuad komplet, RD -sapaan akrabnya- mengindikasikan akan menurunkan skuad kombinasi pada PGK II.

Hal itu, kata dia lantaran ingin memberi menit bermain lebih kepada pemain yang selama ini jarang tampil. Di sisi lain, dia ingin pemain tak terlalu terkuras fisiknya.

Bicara target, RD mengaku ingin mampu menang di setiap laga. Meski begitu, turnamen ini jadi ajang yang bagus untuk evaluasi permainan. “Target kami adalah menang di setiap laga dulu,” tukas dia.

Disinggung Persiba yang kini hanya berada di kasta kedua, RD enggan meremehkan. Bagi dia, laga perdana tak pernah mudah, apalagi harus berhadapan dengan tuan rumah.

Namun, kondisi itu, bakal berusaha dimanfaatkan untuk meningkatkan mental pemain. Pasalnya, pada kompetisi Liga 1 nanti, pemain bakal banyak melakoni laga tandang.

“Bermain di kandang lawan memang tidak mudah, tapi ini bisa membantu mental pemain. Karena banyak laga away di Liga1 nanti,” uar dia. (*/hul/tom)

Persiba Balikpapan vs Sriwijaya FC

Persiba (4-3-3)

71-Fajar Setya (g); 87-Ikhfanul Alam, 19-Hery Susilo, 6-Sunni Hizbullah, 14-Fathul Rahman;8- Bryan Caesar (c), 88-Yus Arfandi, 33-Yosef Yopi Marandof; 22-Siswanto, 11-Frengky Turnando, 25-Dimas Galih

Pelatih: Wanderley Junior

Sriwijaya FC (4-2-3-1)

12-Teja Paku Alam (g); 26-Mamadou Ndiaye, 23-Hamka Hamzah (c), 24-Ichsan Kurniawan, 32-Alvin Tuasalamony; 10-Makan Konate, 99-Adam Alis, 6-Yu Hyun Koo, 35-Zulfiandi, 11-Estaban Vizcarra; 9-Alberto Goncalvez

Pelatih: Rahmad Darmawan

Stadion Batakan Balikpapan

Live MNC Pukul 16.30 Wita

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Pemain Absen, Persebaya Pincang pada Piala Gubernur Kaltim


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler