Pertama Kali Digelar di Indonesia, NCFS 2024 Dapat Apresiasi dari PSSI

Rabu, 28 Agustus 2024 – 16:43 WIB
National Conference of Football & Sciences 2024 resmi dibuka di Ratu Convention Center, Kota Jambi, Rabu (28/8/2024). Foto:

jpnn.com, JAMBI - Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria mengapresiasi National Conference of Football & Sciences (NCFS) 2024 yang digelar di Ratu Convention Center, Kota Jambi, Rabu (28/8/2024).

Kegiatan yang baru pertama kali digelar di Indonesia dari 28-29 Agustus 2024 itu dibuka oleh Gubernur Jambi, Al Haris.

BACA JUGA: Federasi Sepakbola Inggris Terancam Sanksi Imbas Kerusuhan di Final EURO 2020

NCFS 2024 ini diramaikan oleh ratusan audiens dari berbagai universitas di Jambi, termasuk ada mahasiswa internasional yang berkuliah di Universitas Jambi.

Dalam konferensi ini Asprov PSSI Jambi selaku panitia penyelenggara mendapatkan kiriman puluhan artikel ilmiah hasil penelitian.

BACA JUGA: China Bertekad Jadi Super Power Sepakbola Di Tahun 2050

Dari jumlah itu, dipilih 18 artikel yang akan dipresentasikan dan didiskusikan secara offline pada Kamis (29/8/2024).

Namun, karya ilmiah yang tidak terpilih untuk dipresentasikan secara offline, bakal dipresentasikan secara online di hari yang sama.

BACA JUGA: Garudafood Bina Bibit Unggul Sepakbola Indonesia

Ratu Tisha Destria mengatakan dari agenda ini diharapkan akan lahir rekomendasi-rekomendasi untuk PSSI.

"Rekomendasi itu nantinya akan kami bawa ke PSSI pusat dan dibahas lebih mendalam oleh Departemen Teknik. Didalami, disaring, lalu nanti diimplementasikan," kata Tisha.

"Ke depan ini akan menjadi event tahunan. Dan riset-riset itu nantinya tidak hanya untuk PSSI, tapi bisa dipelajari dan diterapkan oleh semua yang berkarier di dunia sepak bola," lanjut mantan wakil presiden AFF itu.

Ratu Tisha juga mengapresiasi para presenter dari Sabang sampai Merauke yang sudah mengirimkan hasil karya-karya terbaiknya.

"Ini istimewa. Karena mempertemukan praktisi-praktisi dan akademisi keilmuan sepak bola,” katanya.

"Ini selaras dengan PSSI yang selalu mengembangkan inovasi-inovasi terkini dalam dunia persepakbolaan. Jadi kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Asprov PSSI Jambi dan Universitas Jambi ini. Luar biasa!" jelasnya.

Karya-karya ilmiah yang diterima pada konferensi ini adalah di bidang Science of Football meliputi Football Medicine, Football Technology, Football Physiology, Football Nutrition, Football Beomechanice and Physics.

Sedangkan di bidang Social Sciences of Football meliputi Football Management & Industry, Football Psychology, Football Sociology, Football For Development dan Sport Education (Football).

"Para ahli yang terlibat pada Conference of Football and Sciences ini terlebih dahulu mengirimkan artikel hasil riset mereka yang akan kita bahas. Nantinya setiap kebijakan dan pengembangan yang dilakukan dasarnya adalah riset, ilmu pengetahuan dan teknologi terbarukan," ujar Ketua Panitia National Conference of Football and Sciences 2024 Reza Hadinata.

Gubernur Jambi menyatakan sangat bangga agenda ini diselenggarakan di daerah yang ia pimpin.

"Semoga dari sini akan membawa dampak baik bagi persepakbolaan Jambi pada khususnya dan sepak bola nasional pada umumnya," ucapnya.

"Saya sangat bangga dan berterima kasih atas terselenggaranya acara ini. Saya juga bangga persepakbolaan Indonesia di era Ketua Umum PSSI Pak Erick Thohir semakin maju dan diperhitungkan negara-negara lain," lanjut Al Haris.

Sementara itu, Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H., dalam sambutannya berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam konferensi.

"Semoga ini jadi tradisi ke depan. Ini kali pertama. Saya apresiasi dan dukung penuh demi pengembangan olahraga, terutama sepak bola," ucapnya.

"Secara khusus saya juga berharap semoga agenda ini memberi dampak bagi persepakbolaan Jambi," tambah Ketua Komdis Asprov PSSI Jambi itu.(dkk/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler