Pertamina International Shipping Raih 2 Penghargaan di Ajang Jakarta Investment Award

Jumat, 23 Agustus 2024 – 22:27 WIB
PT Pertamina International Shipping (PIS). Foto dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina International Shipping (PIS) mendapat dua penghargaan sekaligus di ajang Jakarta Investment Award 2024.

Dua penghargaan tersebut yakni Perusahaan Terbaik dalam Mewujudkan Investasi Berkelanjutan dan Top Perusahaan dengan Realisasi Capaian Investasi Tertinggi Tahun 2023 pada Project Tertentu.

BACA JUGA: Kilang Pertamina Internasional Terus Perluas Mitigasi Kebakaran kepada Masyarakat

PIS sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistic (SH IML) PT Pertamina terus melakukan sejumlah transformasi strategis.

Guna mencapai transformasi yang dimaksud, PIS berinvestasi baik di aspek pengembangan armada, operasional, teknologi, serta sumber daya manusia.

BACA JUGA: Dukung Program Konversi Motor Listrik, Pupuk Indonesia Turut Wujudkan Masa Depan Bersih & Berkelanjutan

CEO PIS Yoki Firnandi memastikan perusahaan akan terus mendorong investasi untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis seiring dengan visi perusahaan untuk tampil sebagai salah pemain utama industri logistik maritim global.

"Sepanjang 2023, realisasi investasi PIS sebesar US$ 353 juta untuk menunjang transformasi perusahaan. Kami gembira komitmen tersebut dapat ikut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan Jakarta," ujar Yoki.

BACA JUGA: Pefindo Naikkan Peringkat SIG, Kondisi Keuangan Dinilai Makin Sehat

Salah satu contoh investasi PIS adalah proyek pengembangan Jakarta Integrated Green Terminal (JIGT) di Kalibaru, Jakarta Utara, yang diteken pada September 2023 lalu.

Terminal ini merupakan langkah perusahaan dalam pengembangan energi terbarukan di Indonesia.

JIGT rencananya tidak hanya akan menampung bahan bakar seperti LPG, BBM, Gasoline, dan Biodiesel tapi juga dirancang untuk bisa menampung LNG, CPO, UCO (Used Cooking Oil), dan petrokimia.

Terminal yang memiliki luas lebih dari 64 hektar tersebut diproyeksi memiliki kapasitas penampungan hingga 6,3 juta barel.

Sejumlah investasi juga tengah direalisasikan sepanjang tahun ini. Beberapa di antaranya adalah penambahan kapal tanker LPG raksasa atau Very Large Gas Carrier (VLGC) hingga penguatan LPG Terminal Tanjung Sekong dan Integrated Terminal Tanjung Uban.

"Kami sungguh berterima kasih kepada Jakarta Investment Award yang sudah memberikan penghargaan kepada PIS. Kami percaya apresiasi ini dapat menambah motivasi PIS untuk terus berkarya dan memberi nilai tambah kepada perekonomian nasional melalui keahlian kami di sektor logistik maritim," imbuh Yoki.

Berkat investasi yang cermat dan pengoptimalan proses internal perusahaan, PIS berhasil tumbuh signifikan pada 2023 dengan kenaikan laba bersih hingga 60,94% year-on-year mencapai US$ 330 juta.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler