Pertamina Pasok BBM ke PT PNG

Minggu, 26 Desember 2010 – 23:44 WIB
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memenangkan tender terbuka untuk memasok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan pelumas senilai Rp6 triliun per tahun  ke PT Pamapersada Nusantara Group (PNG) , salah satu kontraktor penambangan batubara terbesar di IndonesiaBBM dan pemulas tersebut akan digunakan untuk operasional kendaraan berat pengangkut batu bara.

VP Corporate Communication, Mochammad Harun menyatakan, dalam perjanjian ini, Pertamina akan memenuhi kebutuhan BBM dan pelumas sebagai bahan dasar utama operasi penambangan dengan rata-rata kebutuhan 552.000 KL per tahun.


 ’’ Menangnya Pertamina dalam tender ini menunjukkan kompetitifnya produk Pertamina yang disertai pemberian layanan terbaik kepada pelanggan,’’ ucap Harus melalui siaran persnya yang diterima JPPN, Minggu (26/12).

Lebih lanjut Harun menjelaskan, sebelumnya Pertamina sudah dipercaya untuk memasok BBM dan pelumas untuk Pamapersada

BACA JUGA: Pertamina Terapkan Tender Minyak Online

Saat ini Pamapersada dan Pertamina sepakat untuk memperpanjang kerjasama tersebut hingga 31 Januari 2012.

Dalam kerjasama ini ungkap Harun, layanan yang diberikan Pertamina kepada PT Pamapersada sangat komplit
Mulai dari layanan after sales service dan technical support, pengisian menggunakan surveyor independen, hingga penyelesaian masalah serta penggantian losses BBM.

Ditambah lagi dukungan jaringan distribusi yang kuat dengan alternatif pola suplai untuk menjamin pasokan

BACA JUGA: Batik Kalah Saing dengan Baju Timnas Garuda

Semua layanan diberikan untuk mengamankan pengelolaan bahan bakar, sehingga pelanggan industri seperti Pamapersada bisa fokus dalam menjalankan bisnisnya.

’’ Adapun rencana pelayanan tambahan dalam waktu dekat, yakni tersedianya VHS (Vendor Held Stock) dan sistim penyerahan BBM konsinyasi untuk site-site utama PT Pamapersada Nusantara
Layanan-layanan tersebut merupakan wujud komitmen Pertamina untuk selalu menjaga dan meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan, khusunya kepada PT Pamapersada,’’ imbuhnya.

Dikatakan Harun, selain dengan Pamapersada, kualitas produk dan layanan Pertamina juga sudah terbukti melalui kemenangan Pertamina dalam sejumlah tender pasokan kebutuhan BBM dan pelumas

BACA JUGA: Bank BJB Incar Kredit Rp 30 Triliun

Pada Januari 2010, Pertamina memenangkan tender pasokan BBM untuk PT Newmont setelah menyisihkan dua kompetitor yaitu Shell dan Aneka Kimia Raya (AKR).

’’Selain Newmont, Pertamina selama ini juga sudah menjadi pemasok BBM untuk sejumlah perusahaan tambang berskala besarUntuk tambang batubara, Pertamina mensuplai BBM diantaranya ke KPC, Arutmin, Kideco, Banpu, Berau, Adaro, Asmin Coalindo Tuhup, dan PT Tambang Bukit Asam (PTBA)Untuk perusahaan mineral, Pertamina mensuplai BBM ke Newmont, Nusa Halmahera Minerals, PT Aneka Tambang, dan INCO,’’ ujarnya.

Sedangkan di bisnis pelumas tambahnya, Pertamina juga berhasil menunjukkan keunggulannya dengan memenangkan tender pasokan pelumas untuk mesin-mesin pembangkit PLN senilai Rp 176 miliar dengan total volume 9.338 KL setahunKemenangan Pertamina ini ungkapnya pula setelah melalui proses seleksi sangat ketat dan berhasil menyisihkan pelumas Total dan ShellTentunya, Pertamina dipilih karena memiliki keunggulan kualitas, layanan dan harga yang sangat kompetitif.

’’ Produk-produk ini akan dipasok ke wilayah Indonesia bagian barat yang meliputi Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, NTB, NTT, dan Kalimantan Barat dengan total volume 4.025 KL senilai Rp 70,8 MilliarUntuk wilayah Indonesia Timur akan dipasok ke wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, Maluku dan Papua dengan total volume 5.313 KL selama setahun senilai Rp105,9 Milliar,’’ pungkasnya(yud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hadapi Persaingan Pertamina Berbenah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler