Pertamina Tuntaskan Akuisisi Aset ConocoPhillips

Kamis, 28 November 2013 – 14:30 WIB

jpnn.com - JAKARTA – PT Pertamina telah menyelesaian transaksi dengan ConocoPhillips (NYSE:COP). Transaksi ini dilakukan untuk mengakuisisi unit bisnisnya di Aljazair, ConocoPhillips Algeria Limited (COPAL) dengan total nilai US$1,75 miliar atau sekitar Rp 1,8 triliun.

"Akuisisi ini menjadikan Pertamina menguasai 65 persen participating interest di Blok 405a, yang memiliki tiga lapangan minyak utama, yaitu Menzel Lejmat North (MLN), Ourhoud, dan EMK," ujar Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan di Jakarta, Kamis (28/11).

BACA JUGA: Pemerintah Serahkan Blok Siak ke Pertamina

Nantinya kata Karen, Pertamina akan memiliki 65 persen participating interest dan bertindak selaku operator di lapangan MLN. "Masing-masing 3,7 persen dan 16,9 persen di lapangan Ourhoud dan EMK. Sejak penandatanganan kesepakatan, lapangan EMK telah sukses memulai produksinya," terang dia.

Karen menambahkan bahwa akuisisi skala besar ini memberikan Pertamina minyak mentah kualitas tinggi dalam jumlah yang signifikan dan merepresentasikan milestone kunci pada upaya ekspansi bisnis upstream internasional Pertamina.

BACA JUGA: Dahlan Panggil Direksi Pertamina dan Pertagas

"Dalam hal ini Pertamina siap bekerjasama erat dengan Sonatrach, ALNAFT, otoritas Aljaziar, dan para mitra untuk secara penuh mengembangan potensi produksi minyak dari blok tersebut," tegasnya. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Stok Cukup, Tak Perlu Impor Gula

BACA ARTIKEL LAINNYA... Target Raup 15,2 Juta Peserta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler