Pertemuan Anies dan Gubernur Pendukung Jokowi Diapresiasi

Selasa, 06 November 2018 – 18:00 WIB
Anies Baswedan menjamu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Balai Kota DKI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pihak mengapresiasi pertemuan antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Balai Kota DKI Jakarta kemarin, Senin (5/11).

Pertemuan itu dinilai sebagai langkah awal untuk mempererat kerjasama, demi memajukan daerah masing-masih.

BACA JUGA: Jokowi Jajal MRT Bundaran HI - Lebak Bulus, Ini Komentarnya

“Budaya silaturahmi yang bagus antara Anies, Ridwan Kamil, dan Ganjar. Mereka menunjukan kekompakan sebagai kepala daerah,” ujar Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Jakarta Muhlis Ali, Senin (5/11).

Muhlis berharap, apa yang dilakukan tiga pimpinan daerah ini dapat ditiru oleh para pemimpin daerah lainnya. “Jangan ada lagi saling ejek dan saling menjatuhkan antar pemimpin daerah. Semua harus kompak,” katanya.

BACA JUGA: Bocoran Prof Yusril soal Calon Lawyer Kubu Prabowo - Sandi

Usai menghadiri acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2018 di Istana Wakil Presiden, ketiga kepala daerah ini bertemu. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambangi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta.

Kedua kepala daerah yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pemenangan Pilkada 2018 lalu tersebut menikmati kopi di JakBistro bersama Gubernur DKI Anies Baswedan.

BACA JUGA: Penjelasan Mendagri soal Kekosongan Kursi Wagub DKI

Anies Baswedan mengaku bersyukur bisa duduk bersama dua gubernur pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin itu sembari menjamu mereka dengan segelas kopi di JakBistro.

”Kita enggak bisa lama-lama, tapi alhmadulilah kita bisa duduk-duduk bersama. Karena Mas Ganjar mau langsung berangkat ke Semarang, terus kita ngopi dulu. Kalau ngopi di Balai Kota. Kita ke sini ngopi bareng,” ujar Anies Baswedan.

Anies mengatakan, ia sudah berteman lama dengan Ridwan Kamil dan Ganjar sebelum menjadi kepala daerah. Ini dibenarkan oleh Ganjar yang mengatakan bahwa mereka sudah berteman sejak kuliah.

Ganjar juga menyinggung hubungan ketiganya yang bisa adem di tengah panasnya cuaca Jakarta. “Kita menunjukkan kita bertiga berdiri di sini bisa adem loh republik ini, enggak sepanas Jakarta. Kami orang kampung datang ke Jakarta kalau ngelihat, ah panas,” ujar Ganjar Pranowo.

Dia mengaku senang bisa ditraktir ngopi sembari berbincang dengan Anies Baswedan. Ia bisa bercerita banyak tentang masa lalu mereka saat pergerakan. “Hari ini kita bisa membikin sejuknya Indonesia, kita buktikan,” ungkap Ganjar.

Di tempat yang sama, Ridwan Kamil mengaku sangat berterima kasih telah diundang ke Balai Kota DKI. Pria yang biasa disapa Emil ini mengaku masuk lewat belakang Balai Kota dan memesan es cokelat.

“Saya minum es cokelat tadi, suasana panas jadi adem, para followers yang suka nafsir-nafsir ini harus ikut adem dengan seperti sebelumnya kita bertiga mudah-mudahan suasana kita bertiga ini mewakili Indonesia yang damai sejuk,” ujar Emil. (nas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anies Ajak Dua Gubernur Pendukung Jokowi Ngopi di Balai Kota


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler