Peruri Rancang Program Kreatif Untuk Membangkitkan UMKM

Jumat, 15 April 2022 – 23:45 WIB
Ilustrasi - Ruang kreatif M Bloc Space melakukan uji coba penyelenggaraan konser musik secara offline. Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) merancang sejumlah program kreatif untuk membangkitkan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Menurut Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi, program kreatif yang dirancang misalnya pertunjukan musik, pameran seni, seminar, workshop dan sejumlah program kreatif lain hasil kolaborasi dengan pegiat UMKM.

BACA JUGA: Terapkan Digitalisasi Pelayanan Publik, BPN Dapat Penghargaan Ini dari Peruri

"Kegiatan-kegiatan ini selaras dengan tujuan perusahaan untuk membangkitkan pelaku UMKM dan pengusaha lokal serta memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat.” ujar Adi dalam keterangannya, Jumat (15/4).

Selain itu, PT Peruri Properti yang merupakan anak perusahaan Peruri diketahui juga telah membuat gebrakan dalam dua tahun terakhir.

BACA JUGA: Kunjungi Wisata Belanja di Garut, Syarief Hasan Ingin Pelaku UMKM Diberi Pendampingan

Di antaranya mendirikan M Bloc Space di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Kreo Creative Lot di kawasan Kreo, Kota Tangerang.

Kawasan M Bloc Space merupakan bekas rumah dinas Peruri yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru.

BACA JUGA: Sertifikasi Halal Dibutuhkan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM

Peruri Properti mengubah bekas rumah dinas Peruri berkolaborasi dengan mitra komunitas kreatif.

M Bloc Space kemudian diubah menjadi creative hub untuk mewadahi ruang kreatif bagi kaum muda urban serta kaum milenial ibu kota negara.

Ruang publik dibangun dengan konsep menghadirkan kolaborasi produk kreatif dan brand lokal yang bergerak di bidang musik, fesyen, kuliner, sport ekstrem serta bentuk kegiatan lain melalui kolaborasi dengan beberapa komunitas.

Sejak pertama kali dibuka untuk publik, M Bloc Space dan Kreo Creative Lot tidak pernah berhenti memberikan alternatif hiburan dan ruang kreatif terbuka bagi masyarakat dan kaum milenial.(gir/jpnn)


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler