Perusahaan logistik asal Australia, Toll Holdings, akan melepas bisnisnya di Indonesia menyusul sulitnya perusahaan ini bersaing dalam pengoperasian kapal tunda (tugboats).

Rencana ini merupakan bagian dari upaya penjualan aset-aset bisnis Toll di Asia yang diperkirakan bernilai 100 juta dolar.

BACA JUGA: Warga Indonesia Berhasil Selamatkan Diri dari Kebakaran di Melbourne

Di Indonesia, perusahaan ini mengoperasikan 37 kapal tunda di bawah bendera Marine Logistic Asia, yang fokusnya pada kapal-kapal pengangkut komoditi.

Disebutkan, kerugian yang dialami di pasar Indonesia disebabkan karena perusahaan ini tidak mampu bersaing.

BACA JUGA: Petani Australia Desak Perpanjangan Visa Pemetik Buah

Selain di Indonesia, Toll juga akan menjual perusahaan truk dan angkutan kapal di bawah bendera Toll Global Express Asia yang ada di wilayah utara Australia dan Asia.

Selain itu, perusahaan ini juga ingin melepas asetnya di Singapura.

BACA JUGA: Robot Bawah Air Mulai Hasilkan Peta 3D Dasar Laut Antartika

"Keputusan ini mencerminkan upaya kami menjaga keuntungan perusahaan," jelas managing director Toll, Brian Kruger.

Global Express Asia selama ini berbasis di Singapura dan beroperasi hingga ke China dan Hong Kong.

Perusahaan ini dibeli dari Qantas di tahun 2010 dengan nilai 40 juta dolar. Saat itu, pembelian ini digambarkan sebagai ambisi Toll untuk memasuki pasar Asia di sektor logistik dan jaringan kapal pengangkut barang.

Namun kini perusahaan itu menghadapi kenyataan sulitnya bersaing dengan pemain-pemain di kawasan.

Di Australia sendiri, Toll berencana melepas aset perkapalannya di Darwin dan Cairns serta melepas layanan bisnisnya di kawasan Teluk Carpentaria dan Torres Strait.

Bisnis lainnya, Sea Swift, yang bernilai 45 juta dolar, juga di kawasan utara Australia, masih harus menunggu persetujuan pihak berwenang sebelum bisa dilepas.

Menurut Kruger, semua hasil penjualan bisnis ini kemungkinan akan mencapai 100 juta dollar. Keseluruhan proses pelepasan bisnis Toll ini diharapkan rampung Juli tahun depan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pria 84 Tahun Hilang dari Kapal Pesiar di Dekat Sydney

Berita Terkait