Perut Sedang Kosong, Jangan Minum Kopi!

Minggu, 29 Oktober 2017 – 05:47 WIB
Kopi hitam. Foto: Health

jpnn.com, JAKARTA - Kopi memang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Tidak hanya bisa mengusir rasa kantuk, kafein yang ada di dalam kopi juga berfungsi sebagai analgetik dalam mengatasi sakit kepala.

Kopi juga bisa membantu mengurangi nyeri otot, memperbaiki ingatan, serta melindungi tubuh dari parkinson dan diabetes.

BACA JUGA: Baiknya, Seduh Kopi Panas atau Dingin Sebelum Olahraga?

Meski begitu, Anda tidak boleh minum kopi saat perut kosong. Saran dari dr.Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons 'Makanlah dahulu sebelum minum kopi!

Menurutnya, Anda tidak perlu makan sampai kenyang. Cukup dengan makan sepotong roti sudah cukup untuk membuat Anda terhindar dari perut perih akibat minum kopi.

BACA JUGA: Waktu Terbaik Minum Kopi tanpa Menggangu Tidur

Saran di atas sangat penting. Karena bila tanpa sengaja minum kopi saat perut kosong, Anda akan mengalami beberapa risiko berikut ini:

1. Asam lambung meningkat.

BACA JUGA: Tak Muda Lagi, Melissa Karim Kurangi Ngopi

Minum kopi pada saat perut kosong dapat meningkatkan asam lambung. Kadar asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Anda juga perlu memperhatikan bahwa kandungan asam dari kopi dipengaruhi kematangan biji kopi saat dipetik dan lama biji kopi tersebut dipanggang.

Biji kopi yang dimasak semakin lama akan memiliki kandungan asam yang semakin rendah.

Salah satu pilihan kopi dengan kandungan zat asam yang rendah yaitu kopi Sumatera. Kopi arabika juga aman dikonsumsi untuk penderita mag.

2. Meningkatkan kecemasan.

Makanan memiliki efek menenangkan untuk pencernaan dan sistem saraf. Sementara itu, kopi memiliki efek yang sebaliknya. Untuk mengatasi masalah ini, seseorang harus segera makan sebelum minum kopi.

3. Penurunan hormon serotonin.

Konsumsi kafein di pagi hari menghambat produksi serotonin, yang merupakan neurotransmitter, yang menyebabkan perasaan senang. Penyebab utama depresi sebagai penyakit jiwa adalah karena kurangnya serotonin. Ketika seseorang minum kopi pada saat perut kosong, mereka akan mengalami perubahan mood secara tiba-tiba.

Kopi memang baik untuk tubuh. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak minum kopi.

Pertama, Anda tidak disarankan minum kopi saat perut kosong. Selain itu, Anda tetap harus mempertimbangkan cara mengonsumsi kopi dengan wajar, yaitu tidak lebih dari tiga gelas per hari.(BA/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 7 Tips Bangun Pagi Tanpa Kopi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler