Pesan Bung Komar Saat Melantik DPD PDIP Papua Selatan: Jangan Korupsi

Selasa, 24 Januari 2023 – 00:23 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun melantik pengurus DPD PDI Perjuangan Papua Selatan di GOR Hiad Sai, Merauke, Senin (23/1/2023). Foto: Dok. PDIP

jpnn.com, MERAUKE - Merespons lahirnya provinsi baru di Papua berdasarkan UU Otsus Nomor 2 Tahun 2021, DPP PDI Perjuangan melakukan gerak cepat dengan membentuk struktur kepengurusan di Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan serta Papua Induk.

Bertepatan dengan ulang tahun ke-76 Ibu Megawati Soekarnoputri pada 23 Januari 2023, Ketua DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun melantik pengurus DPD PDI Perjuangan Papua Selatan di GOR Hiad Sai, Merauke.

BACA JUGA: Rayakan HUT ke-76 Megawati, Bung Komar Pimpin Kader PDIP Tanam Pohon di Batas Negara

Sebelumnya, pada pagi harinya Bung Komar memimpin kegiatan penanaman pohon di Titik Nol Indonesia Timur, perbatasan Indonesia dengan Papua Nuigini di Desa Sota, Merauke, Papua Selatan.

BACA JUGA: Satgas Cakra Buana Gelar Apel Akbar: Bung Komar: PDIP Berupaya Hat-trick Menang Pemilu

Ketua DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun menyerahkan bendera partai saat melantik pengurus DPD PDI Perjuangan Papua Selatan di GOR Hiad Sai, Merauke, Senin (23/1/2023). Foto: Dok. PDIP

Lebih lanjut, Bung Komar panggilan akrabnya, mengatakan dirinya diberi tanggung jawab oleh ketua umum, Ibu Megawati untuk mulai menyiapkan, melantik hingga berjalannya roda organisasi Partai di DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua.

“Untuk itu, pada hari ini, 23 Januari dilantik kepengurusan di Papua Selatan, selanjutnya pada 27 Januari untuk wilayah Papua Tengah, 7 Februari Papua Pegunungan, dan 9 Februari 2023 Papua Induk,” tegas Bung Komar sebelum acara pelantikan.

Bung Komar berpesan kepada kader dan pengurus partai, khususnya di seluruh wilayah Papua untuk bekerja sebaik-baiknya.

Dia mengingatkan jangan mengkhianati amanah rakyat yang telah memilih PDI Perjuangan.

“Tahun 2024 sudah di depan mata. Kita tidak boleh kerja santai, lambat dan tidak fokus. Pemilu 2024 harus lebih baik dari pemilu sebelumnya,” tegas Bung Komar.

Anggota DPR RI ini menjelaskan Papua yang mekar menjadi empat provinsi seharusnya dengan lebih kecil wilayahnya, maka lebih mudah pengelolaannya.

Bung Komar mengatakan PDI Perjuangan harus mencapai hattrick, menang tiga kali berturut-turut secara nasional.

“Khusus di empat Provinsi di Papua harus mencapai hal yang sama,” ujar Bung Komar.

Dalam kesempatan itu, Edoardus Kaize, SS terpilih sebagai ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Selatan Masa Bakti 2019-2024.

Wakil Ketua II DPR Papua ini sudah malang melintang dalam kancah politik lokal. Mulai jadi pengurus DPC, DPD Papua dan kini menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan Papua Selatan.

“Sebagai putra daerah Papua Selatan, Saudara Edo dan jajarannya harus lebih sering bersama rakyat, menyerap aspirasi, melakukan advokasi, dan upayakan wujudkan harapan rakyat untuk kesejahteraan mereka,” ujar Bung Komar seusai menuntun pengurus membacakan janjinya.

“Saya tahu betul tentang Edo. Dia orang selatan yang meniti karier politik dari bawah, termasuk mengikuti jalur menjadi wakil ketua DPR Papua,” ujar Bung Komar.

Sementara itu, Heribertus Silvinus Silubun terpilih sebagai Sekretaris dan Nikson Pampang sebagai bendahara.

Bung Komar menambahkan sebagai pihak yang berjuang di garda paling depan terhadap lahirnya UU Otsus yang kemudian melahirkan DOB, maka dirinya miliki ‘beban’ besar untuk ikut menyukseskan Papua di masa depan sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya sebagai anggota DPR RI Dapil Papua dan pengurus DPP PDI Perjuangan.

Pada kesempatan itu, Bung Komar menyerahkan Buku tentang Otsus Papua dan Buku Komik Otsus Papua yang berisi tentang Otsus dan perjalanan serta penjelasannya.

“Saya berpesan kepada seluruh pengurus untuk membaca, memahami dan pada saatnya saya akan menagih isi buku ini” tegas Bung Komar di hadapan lebih dari 1.000 hadirin.

Bung Komar mengingatkan jangan hanya melihat Otsus dengan kacamata uang dan kekuasaan.

“Ada banyak pesan dan perintah dari Otsus yang menjadi tanggung jawab Saudara. Satu hal lagi pesan saya, jangan Korupsi!” tegas Bung Komar.

Partai Politik dan Kesehteraan Rakyat

Hadir pada acara tersebut PJ Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dan jajarannya.

Dalam kesempatan itu, Apolo menjelaskan bahwa semua negara adalah menyejahterakan rakyatnya.

“Dan, salah satu jalan menuju itu melalui Partai Politik,” tegas Bung Komar seusai memberikan ucapan selamat ulang tahun emas bagi PDIP, Selamat Ulang Tahun ke-76 untuk Megawati Soekarnoputri dan selamat kepada kepengurusan DPD PDI Perjuangan Papua Selatan.

Merujuk pada pendapat sejumlah ilmuan, dikatakan Apolo, bahwa tahun ini dan tahun-tahun ke depan berada pada kondisi ‘gelap’ yang penuh ketidakpastian. Resesi mengancam.

“Untuk itu, seperti pesan kepala negara, kita perlu melakukan persiapan dengan melakukan sejumlah rencana. Termasuk rencana untuk kesejahteraan di wilayah Papua Selatan,” tambah mantan Rektor Universitas Cenderawasih sembari mengutip filosof Tiongkok dan Romawi tentang benang merah antara ancaman dan peluang dalam menghadapi masa suram.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler