Pesan Habib Luthfi di Rakernas Petanesia Jelang Pemilu 2024

Minggu, 07 Agustus 2022 – 11:00 WIB
Sejumlah tokoh lintas agama dan budaya saat hadir di Rakernas Petanesia, Mojokerto, Sabtu (6/8). Foto: dok. Petanesia

jpnn.com, MOJOKERTO - Organisasi masyarakat kebangsaan Pencinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) menyerukan pesan damai menjelang Pemilu 2024.

Pesan damai disampaikan oleh para tokoh lintas agama dan budaya yang hadir dalam rapat kerja nasional (Rakernas) II Petanesia di Mojokerto, Jawa Timur pada Sabtu (6/8).

BACA JUGA: Mahfud MD Dapat Info soal Irjen Ferdy Sambo, Singgung Istilah Cawe-Cawe

Ketua Dewan Fatwa Petanesia Habib Luthfi Bin Yahya mengingatkan bahwa potensi konflik yang memecah belah bangsa sangat mungkin terjadi jelang pesta demokrasi mendatang.

Oleh karena itu, dia berharap urusan politik dalam Pemilu 2024 jangan sampai mengesampingkan kepentingan bagsa.

BACA JUGA: Keterlibatan Irjen Ferdy Sambo Terungkap, Bareskrim Minta Bantuan Brimob, Tegang

"Kepentingan partai politik yang bersifat sesaat jangan sampai mengalahkan kepentingan bangsa yang lebih luas," kata pendiri ormas Petanesia itu dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Habib Luthfi berharap Petanesia menjadi garda terdepan dalam merawat keberagaman budaya, kultur, dan agama di negeri ini.

BACA JUGA: Rakernas II Petanesia Ajang Konsolidasi Mencegah Perpecahan di Pemilu 2024

"Bangsa Indonesia tidak boleh terpecah dalam momentum apa pun, bangsa Indonesia harus tetap cinta tanah air," ujar anggota Wantimpres itu.

Penasihat Petanesia KH Asep Saifudin Chalim mengajak para pejabat dan tokoh politik akan adanya kelompok-kelompok tertentu yang dapat memecah belah bangsa.

"Para tokoh politik dan pejabat harus menjunjung nilai toleransi, kata pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto itu.

Sementara itu, Deni R Sagara menyebut Petanesia adalah gerakan kebangsaan yang memiliki tugas mulia merawat keberagaman, budaya nusantara, dan mencintai Indonesia.

"Petanesia harus tampil terdepan melayani semua elemen bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI," kata sekjen Petanesia itu. (fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler