Pesan Jokowi kepada Tokoh Agama dan Masyarakat

Kamis, 25 Juni 2020 – 16:29 WIB
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Presiden Joko Widodo memberi pesan kepada pemuka agama dan tokoh masyarakat di Jawa Timur bersama-sama bergandengan tangan menekan angka pertumbuhan Covid-19.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menyatakan hal itu mengingat masih rendahnya kedisiplinan masyarakat dalam menjalani kehidupan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA: Jokowi Perintahkan Menkes-Gugus Tugas Covid-19 Membantu Jatim, Segera

"Saya minta kami semuanya, mengajak tokoh-tokoh, tokoh agama, tokoh masyarakat, untuk menyosialisasikan mengenai protokol kesehatan. Pentingnya memakai masker, pentingnya jaga jarak, pentingnya cuci tangan, terus diulang-ulang," kata Jokowi saat mengunjungi Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/6).

Berdasarkan laporan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, lanjut Jokowi, angka ketidakpatuhan masyarakat mengenakan masker mencapai 70 persen. Menurut Jokowi, angka itu sangat besar.

BACA JUGA: Update Corona 25 Juni: Naik dan Terus Naik

"Oleh sebab itu, saya minta hari ini, saya minta Gugas Nasional, Pak Menkes, kirim masker sebanyak-banyaknya ke Surabaya, ke Jawa Timur," terang dia.

Selain itu, Jokowi menginginkan apabila Jawa Timur bisa mengendalikan angka penyebaran virus Covid-19, maka upaya transisi ke new normal perlu menjadi perhatian. Jokowi memandang perlu adanya tahapan-tahapan lebih dahulu seperti prakondisi sebelum menerapkan protokol adaptasi kehidupan baru di Jawa Timur.

BACA JUGA: Australia Kecolongan, Virus Corona Kembali Merajalela

"Jangan tahu-tahu langsung dibuka tanpa sebuah prakondisi yang baik," jelas dia. (tan/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler