Pesan Penting dr Arie Tentang Manfaat Berolahraga di Masa Pandemi

Sabtu, 03 Oktober 2020 – 14:23 WIB
dr. Arie Sutopo SpKO berbicara dalam konferensi secara daring bersama Satgas Penanganan COVID-19 dari Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (3/10/2020). (ANTARA/Katriana)

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis keolahragaan dr. Arie Sutopo SpKO mengingatkan masyarakat tentang pentingnya berolahraga secara rutin di tengah pandemi Covid-19.

Dia mengajak masyarakat Indonesia untuk terus berolahraga demi menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, hal ini diperlukan dalam menangkal serangan COVID-19.

BACA JUGA: Strategi Airin, Manfaatkan Bulan Pemuda untuk Kampanye Potokol Kesehatan

"Kalau kita bergerak berolahraga, tujuannya yang sekarang ini untuk meningkatkan kekebalan, imunitas. Itu penting," kata dr Arie Sutopo saat konferensi pers secara daring bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dari Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (3/10).

Menurut dr Arie, pandemi COVID-19 memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah guna menghindari penularan coronavirus ketika banyak berinteraksi dengan orang lain di luar rumah.

BACA JUGA: Alhamdulillah, WHO Beri Rekomendasi Untuk Indonesia Menyelenggarakan Tes Cepat Antigen

Namun demikian, kata dia, semangat untuk berolahraga tidak boleh kendur. Sebab, ketika seseorang mengurangi aktivitas fisik, itu bisa menyebabkan terjadinya berbagai gangguan kesehatan.

Karena itu masyarakat diminta untuk terus berolahraga supaya metabolisme tubuh akan lancar dan daya tahan tubuh juga meningkat.

BACA JUGA: Pengakuan Mengejutkan Mike Tyson Kepada Bu Susi Pudjiastuti

"Jadi, kita mesti terus bergerak dan berolahraga. Kalau kita bergerak, olahraga, itu daya tahan tubuh akan naik. Itu hebatnya," jelas dr Arie.

Manfaat dari berolahraga menurutnya akan meningkatkan jumlah sel darah putih. Dengan begitu, pertahanan tubuh juga lebih kuat untuk menghalau semua virus yang berusaha menyerang.

"Begitu COVID-19 datang, langsung dihantam sama sel darah putih ini. Tetapi kalau kita diam-diam saja, tentara di dalam tubuh juga enggak naik. Begitu COVID-19 datang, dipukul sama COVID-19, mati semua tentara (pertahanan tubuh-red) kita," pungkas dr Arie.

Diketahui, satgas penanganan Covid-19 di bawah komando Doni Monardo terus mengampanyekan 3 hal utama dalam menghindari Covid-19, yakni Iman, Aman dan Imun.

Yang dimaksud Iman adalah tetap menjalankan ibadah. Aman diimplementasikan dengan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan.

Sementara untuk Imun diaplikasikan dalam bentuk berolahraga teratur, istirahat cukup, tidak panik, mengonsumsi makanan bergizi.(antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler