Pesan Wapres Buat ASN Inspiratif dan Pejabat Teladan

Senin, 14 Desember 2020 – 23:04 WIB
Wapres Ma'ruf Amin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin memberikan apresiasi kepada para penerima penghargaan anugerah aparatur sipil negara (ASN) 2020.

Ia berpesan agar seluruh ASN secara aktif terus melakukan inovasi, menggali gagasan baru yang kreatif, mencari model bisnis yang memiliki nilai tambah dan mengelola cara kerja baru yang berkelanjutan (continuous improvement).

BACA JUGA: Dian Inggrawati, ASN Tuna Rungu Kemensos Juara Lomba ASN Inspriratif 2020 KemenPAN dan RB

“Dalam alam kompetisi yang ketat, hanya birokrasi dan ASN inovatif yang akan mampu bersaing dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” kata Wapres Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan dalam puncak Anugerah ASN 2020, di Jakarta, Senin (14/12)

Menurutnya, kemajuan suatu bangsa didukung oleh SDM yang unggul dan berkualitas, sehat, berdaya saing dan berakhlak mulia.

BACA JUGA: Pegawai Bea Cukai Muhammad Rifki Al Habib Raih Anugerah ASN 2020

SDM unggul salah satunya berasal dari ASN yang mengemban tugas sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

Hal itu membuat ASN memiliki peran strategis dalam mengantarkan Indonesia menuju birokrasi berkelas dunia.

BACA JUGA: Azis Syamsuddin Soroti Netralitas ASN di Pilkada Serentak 2020

Untuk itu, Anugerah ASN 2020 dapat dijadikan momentum untuk mendorong ASN terus berinovasi dan membuktikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan bangsa. 

“Saya harapkan kepada seluruh penerima penghargaan agar terus menginspirasi dan berinovasi memberikan karya-karya terbaiknya kepada bangsa dan negara,” tuturnya.

Wapres Ma’ruf Amin juga mengungkapkan apresiasinya pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) yang telah menyelenggarakan Anugerah ASN sebagai satu bentuk penghargaan bagi ASN dengan kinerja melampaui ekspektasi, organisasi, dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, ia juga berpesan agar KemenPAN-RB terus menjaga iklim yang kondusif bagi birokrasi dan ASN.

Praktik-praktik terbaik juga harus ditemukan dan digali untuk dapat dijadikan standar kompetensi dan layanan yang dapat diaplikasikan.

“Pusat-pusat keunggulan dan inovasi birokrasi harus terus dikembangkan untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia,” tegas Wapres Ma’ruf Amin.

Dalam Anugerah ASN 2020, para pemenang dianugerahi Piala Adhigana.

Tiga kategori dalam Anugerah ASN 2020 tersebut yakni PNS Inspiratif, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan, dan The Future Leader.

Penghargaan sebagai apresiasi bagi ASN yang telah membuktikan torehan prestasi, terobosan, serta kontribusi nyata bagi organisasi dan masyarakat. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler