Pesantren Al Zaytun Siap-Siap Saja, Kemenag Bakal Bertindak

Kamis, 22 Juni 2023 – 06:37 WIB
Pemimpin pesantren Al Zaytun Panji Gumilang. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) selaku pembina instansi pesantren menyatakan bakal bertindak seusai Pesantren Al Zaytun mendapat sorotan publik.

Seperti diketahui, publik terus dihebohkan oleh pernyataan-pernyataan yang disampaikan pengasuhnya, Panji Gumilang, dan sejumlah isu lainnya.

BACA JUGA: Pengasuh Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang Menghina Agama, Bikin Resah

Ada yang menilai Al Zaytun sesat dan menyimpang, serta mendesak untuk dibubarkan.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi mengatakan akan melakukan klarifikasi terlebih dahulu terkait hal itu.

BACA JUGA: Pesantren Al Zaytun Sesat? Simak Penjelasan Wamenag Zainut

"Kami akan tabayyun, tidak boleh menghakimi sesuatu sebelum tabayun" tegas Wamenag di Jakarta, Rabu (21/6).

Zainut mengimbau semua pihak untuk mengedepankan semangat persaudaraan, musyawarah, dan saling menasihati dengan dasar kebenaran dan kesabaran.

"Jangan saling mengeluarkan pernyataan yang saling menyerang di ruang publik yang dapat membuat suasana semakin gaduh," lanjutnya.

Kemenag, lanjut Wamenag, tidak memiliki hak untuk menghakimi sebuah pesantren itu mengajarkan ajaran sesat atau menyimpang.

Sebab, hal itu menyangkut ranah hukum agama ( syar'i ) yang menjadi kewenangan dari ormas Islam seperti MUI, NU, Muhammadiyah, dan ormas Islam lainnya.

"Kementerian agama bersedia memfasilitasi pertemuan antara Ponpes Al Zaitun dengan Pimpinan ormas-ormas Islam," kata Zainut.

Menurut Zainut, ormas Islam beserta dengan pihak Pesantren Al Zaitun dapat segera duduk bersama untuk melakukan dialog dan tabayun terkait tuduhan adanya pemahaman ajaran agama yang tidak benar.

"Saya juga minta pesantren Al Zaytun untuk lebih terbuka dan kooperatif dalam melakukan komunikasi dan dialog dengan para ormas Islam agar semuanya menjadi terang dan tidak ada fitnah atau dugaan yang menyimpang," jelas Wamenag Zainut.(mcr10/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler