Pesantren Al Zaytun Sesat? Simak Penjelasan Wamenag Zainut

Rabu, 21 Juni 2023 – 11:03 WIB
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Keberadaan Pesantren Al Zaytun terus mendapat sorotan publik.

Pesantren yang diasuh Panji Gumilang itu dinilai sesat dan menyimpang.

BACA JUGA: Konon Perputaran Uang di Al Zaytun Pimpinan Panji Gumilang Rp 500 Miliar Setahun

Publik pun ramai-ramai mendesak pemerintah untuk membubarkan Pesantren Al Zaytun.

Merespons hal tersebut, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan bahwa Kemenag selaku pembina instansi pesantren akan melakukan klarifikasi terlebih dahulu terkait hal itu.

BACA JUGA: Dahlan Iskan Terkejut atas Ucapan Syekh Panji soal Mimpi Mendirikan Ponpes Al Zaytun

"Kami akan tabayun. Kami tidak boleh menghakimi sesuatu sebelum tabayun," kata Wamenag Zainut dalam pesan elektronik, Rabu (21/6).

Wamenag mengimbau semua pihak untuk mengedepankan semangat persaudaraan, musyawarah dan saling menasihati dengan dasar kebenaran dan kesabaran untuk mencari solusi yang paling maslahat.

BACA JUGA: Kepala Ninja Sawit Terbelah Setelah Dibacok Pemilik Kebun, Ngeriii

"Saya mengharapkan semua pihak bisa duduk bersama, mencari solusi terbaik, mendahulukan tabayun dan husnuzan tidak saling mengeluarkan pernyataan yang saling menyerang di ruang publik yang dapat membuat suasana semakin gaduh," lanjutnya.

Kementerian Agama, lanjut Zainut, tidak memiliki hak untuk menghakimi sebuah pesantren itu mengajarkan ajaran sesat atau menyimpang.

Sebab, kata dia, hal itu menyangkut ranah hukum agama (syar'i) yang menjadi kewenangan dari ormas Islam seperti MUI, NU, Muhammadiyah, dan ormas Islam lainnya.

Menurut Wamenag, ormas Islam beserta dengan pihak Pesantren Al Zaytun dapat segera duduk bersama untuk melakukan dialog dan tabayun terkait tuduhan adanya pemahaman ajaran agama yang tidak benar.

Dia juga minta Pesantren Al Zaytun untuk lebih terbuka dan kooperatif dalam melakukan komunikasi dan dialog dengan para ormas Islam agar semuanya menjadi terang dan tidak ada fitnah atau dugaan yang menyimpang.

"Kementerian Agama bersedia memfasilitasi pertemuan antara Ponpes Al Zaytun dengan pimpinan ormas-ormas Islam," pungkas Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nafsu Terapis SPA Melihat Anak Perempuan WN Australia Tak Bisa Dibendung


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler