Pesawat Latih TNI AU Jatuh di Yogyakarta

Senin, 07 Desember 2020 – 20:25 WIB
Atraksi Jupiter Aerobatik Team menggunakan pesawat KT 1 Wong Bee saat peringatan HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu (5/10/2019). ANTARA/Bayu Prasetyo/pri

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah pesawat latih jenis KT-1B Wong Bee milik TNI AU jatuh di ujung barat landasan pacu Pangkalan Udara Adisutjitpo, Yogyakarta, Senin (7/12).

Dua penerbang yang ada di dalam pesawat tersebut selamat dari kecelakaan udara saat misi latihan rutin menggunakan pesawat bernomor registrasi LL-0111 itu.

BACA JUGA: Pesawat Tempur Sukhoi dan Pesawat Tanker Bermanuver di Langit Sulawesi, Ada Apa?

Keduanya adalah Mayor Penerbang Sekti Ambarwati sebagai instruktur dan Letnan Dua Administrasi Krisna Nugraha sebagai siswa penerbang.

"Kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu 09 Pangkalan Udara TNI AU Adisutjitpo," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Kolonel Penerbang Indan G Buldansyah dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

BACA JUGA: Analisis Tajam Bang Reza soal 6 Laskar FPI Tewas Tertembak

Menurutnya, pilot dan siswa berhasil keluar alias eject dengan selamat dari pesawat terbang bermesin piston turboprop buatan Korea Selatan itu.

"Demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material dan personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Pangkalan Udara TNI AU Adisutjitpo," jelas Kolonel Penerbang Indan.

BACA JUGA: Kabar Terbaru soal Kasus Habib Rizieq dari Kombes Yusri Yunus

Setelah insiden tersebut, dokter RS Pusat TNI AU Hardjolukito, Pangkalan Udara TNI AU Adisutjitpo, memeriksa kondisi kesehatan kedua penerbang TNI AU tersebut.

"Penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim penyelidik TNI AU," katanya.

Kecelakaan ini merupakan yang ketiga kali menimpa KT-1B Wong Bee. Dua insiden lain terjadi pada Pukul 15.30 WITA, 24 Juni 2010 yang mengakibatkan pesawat terbang dengan kemampuan aerobatik nomor registrasi LD-0102 itu hancur total (total loss), sedangkan pilot dan back seater-nya selamat.

Kecelakaan berikutnya terjadi pada pukul 13.00 WIB pada 15 Maret 2015, saat dua pesawat terbang yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team bertabrakan di udara.

Peristiwa itu terjadi saat dalam misi gladi resik pembukaan Langkawi International Maritime and Aerospace 2015 di Langkawi, Malaysia.

Saat itu, dua pesawat KT-1B Wong Bee dengan kelir panah bercorak warna merah dan putih tersebut mengalami total loss, sementara keempat pilotnya selamat.(antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler