Peselancar Italia Tewas Tertusuk Ikan Todak di Mentawai

Jumat, 18 Oktober 2024 – 19:14 WIB
Ilustrasi - Para peselancar berjalan ke perairan Pantai Bondi di Sydney, Australia. Foto: ANTARA FOTO/Xinhua/Bai Xuefei/pras

jpnn.com - KEPULAUAN MENTAWAI - Peselancar wanita berkebangsaan Italia tewas saat berselancar di perairan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar).

Giulia Manfrini (36) tewas setelah tertusuk moncong ikan todak (Xiphias gladius).

BACA JUGA: Mentawai Sumbar Diguncang Gempa Magnitudo 5,0

"Informasi yang kami terima dari Camat Siberut Barat Daya memang terjadi kecelakaan seorang WNA Italia ketika berselancar," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Mentawai, Lahmudin Siregar saat dihubungi di Padang, Jumat (18/10).

Lahmudin mengatakan peristiwa nahas itu terjadi ketika Manfrini sedang berburu ombak di Perairan Ombak Bengbeng, Pulau Masokut.

BACA JUGA: Asparnas: Bandara Anyar Mentawai Diharapkan Genjot Pariwisata

Tepatnya di sekitar Desa Pasakiat Taileleu, Siberut Barat Daya sekitar pukul 9.30 WIB.

"Tanpa diduga seekor ikan todak melompat ke arah Manfrini dan menancap tepat di bagian dada turis perempuan itu," katanya.

BACA JUGA: Mantan Kadis PUPR Mentawai jadi Tersangka Korupsi

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Polsek Siberut, korban sempat meminta tolong dengan melambaikan tangan kepada dua orang saksi yang juga WNA bernama Alexandre Ribas dan Massimo Ferro.

Kedua saksi dengan cepat membantu dan memberikan pertolongan pertama serta membawa korban ke Puskemas Pei Pei Pasakiat Taileleu.

Sayangnya, nyawa korban tidak terselamatkan.

Dari hasil pemeriksaan tim medis di Puskesmas Pei Pei, turis asal Italia tersebut mengalami luka tusuk pada bagian dada sebelah kiri atas dengan kedalaman sekitar lima sentimeter.

Laporan medis juga menyatakan hidung korban mengeluarkan buih yang diduga akibat kekurangan oksigen karena tenggelam.

Korban masih berada di Puskesmas Pei Pei dan direncanakan dibawa menggunakan kapal (boat) ke Kota Padang untuk selanjutnya diantarkan ke negara asalnya, Italia.

Sebelumnya, seorang WNA asal Amerika Serikat bernama Erick Robert Soreker juga dilaporkan meninggal usai berselancar di Kecamatan Pagai Selatan, medio Juni 2024.

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu destinasi wisata internasional minat khusus terutama selancar ombak.

Para turis dari berbagai negara menjadikan Bumi Sikerei (julukan Mentawai) sebagai tempat berburu ombak terbaik setelah Hawai. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gelombang Tinggi Mencapai 4 Meter Berpotensi Melanda Wilayah Ini, Waspadalah


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler