Peserta Konvensi Didominasi Usulan Majelis Tinggi PD

Jumat, 23 Agustus 2013 – 08:24 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Komite Konvensi penjaringan calon presiden Partai Demokrat (PD) akan mengirimkan undangan kepada 15 calon peserta. Dari 15 nama yang dikirimkan undangan itu didominasi calon yang diusulkan Majelis Tinggi PD.

"Dari nama itu, 11 dari Majelis Tinggi dan empat nama dari komite konvensi," kata Juru Bicara Komite Konvensi PD Rully Charis usai Rapat Komite Konvensi di Wisma Kodel, Jakarta, Kamis (22/8) malam.

BACA JUGA: Demokrat Sumbar Dukung Dahlan Iskan

Sebelum komite konvensi terbentuk, Majelis Tinggi PD sudah menjaring 11 nama untuk diundang dalam konvensi. Setelah komite konvensi terbentuk, 11 nama itu diserahkan kepada komite.

Komite konvensi kemudian mengusulkan 15 nama di luar 11 nama yang diserahkan Majelis Tinggi. Sehingga total keseluruhan ada 26 nama. Dari 26 nama itu dilakukan proses finalisasi, sampai akhirnya tersisa 15 nama yang akan diberikan undangan.

BACA JUGA: 15 Calon Peserta Konvensi Dikirimi Undangan

Rully menuturkan, proses pemilahan 15 nama yang merupakan usulan  komite konvensi lebih sulit dilakukan. "15 orang lebih sulit diperas. 11 orang dari Majelis Tinggi tidak sulit karena tokoh yang dikenal publik," ujarnya.

Meski begitu, Rully tidak membeberkan nama-nama yang diundang sebagai calon peserta konvensi. Hal ini menurutnya, terkait dengan kode etik yang dipegang komite konvensi. Selain itu menyangkut marwah para calon yang diundang menjadi peserta konvensi.

BACA JUGA: Perusahaan Jepang Ikut Suap Emir Moeis

"Ketika minta kesediannya, itu menyangkut marwah yang bersangkutan sehingga kita tidak menyebut nama-namanya di depan publik," kata Rully. Nama-nama itu lanjut dia, akan diumumkan secara resmi pada tanggal 30 Agustus 2013 mendatang. Lalu, pada tanggal 15 September 2013, peserta konvensi akan diperlihatkan ke publik. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MA Bebaskan Buronan Korupsi Sudjiono Timan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler