Peserta Tes CPNS & PPPK Dapat Fasilitas Swab Antigen, tetapi Bayar Sebegini, Alamak

Jumat, 27 Agustus 2021 – 10:06 WIB
Syarat peserta tes CPNS 2021 dan PPPK antara lain wajib tes antigen atau tes PCR. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BAUBAU - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara memberikan fasilitas swab antigen bagi peserta tes CPNS 2021 dan PPPK sebagai salah satu syarat wajib mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD).

Kepala BKPSDM Kabupaten Buteng Samrin Saerani mengatakan Dinas Kesehatan setempat akan menyiapkan tiga dokter untuk menunjang pelaksanaan tes antigen bagi peserta pada H-1 sebelum pelaksanaan ujian SKD.

BACA JUGA: Steven Bicara Calo CPNS 2021 dan PPPK Jelang Tes Kompetensi, Hati-hati

"Kami sudah siapkan beberapa dokter di beberapa titik di Mawasangka untuk pelaksanaan swab antigen, tetapi tidak gratis namun bayar paling tinggi Rp 250.000," kata Samrin di Baubau, Kamis (26/8).

Menurut dia, karena tes antigen hanya berlaku 24 jam, maka peserta sudah boleh melakukan tes pada sore hari sebelum ujian SKD.

BACA JUGA: Pegawai Kontrak dan Honorer Daerah Ini Diberi Kemudahan Kredit Rumah

Selain menunjukkan swab antigen dengan hasil negatif/nonreaktif, peserta tes SKD juga diwajibkan membawa kartu ujian dan surat keterangan sehat yang telah diupload paling lambat H-14 di akun peserta.

"Kalau tidak bawa, ya tidak bisa ikut ujian," tandasnya.

BACA JUGA: Honorer Ini Ikut Diperiksa KPK terkait Kasus Gratifikasi, Duh

Sementara itu, sertifikat vaksin bagi peserta seleksi CPNS 2021 dan PPPK tidak diwajibkan dengan alasan stok vaksin di setiap daerah berbeda-beda sehingga dipastikan masih banyak yang belum menjalani vaksin.

Dia menyebut pelaksanaan tes SKD secara nasional dimulai 2 September, tetapi hingga saat ini pemerintah Kabupaten Buteng belum menetapkan jadwal pasti pelaksanaan SKD di daerahnya.

Pelaksanaan SKD akan dilangsungkan di Gedung Kesenian Mawasangka, karena Pemkab Buteng belum memiliki sarana khusus berupa laboratorium komputer.

Nantinya, BKPSDM menyiapkan 135 unit komputer yang diatur secara berjarak dan 5 unit di antaranya sebagai cadangan di ruangan khusus bagi peserta yang terindikasi terpapar Covid -19.

"Kita siapkan 135 PC, 127 komputer utama, 3 cadangan dan 5 persiapan bagi mereka yang terindikasi Covid-19," ujar Samrin.

Dia berharap para peserta hadir dua hari sebelum pelaksanaan SKD, dan dapat melaksanakan swab antigen di kecamatan Mawasangka H-1 sebelum ujian.

BACA JUGA: BNPB dan Pakar Ingatkan soal Tsunami Krakatau, Penting

Jumlah pelamar CPNS di Buteng mencapai 1.556 pendaftar. Dari jumlah itu, sebanyak 1.443 dinyatakan lolos berkas dan tambahan 14 peserta memenuhi syarat setelah masa sanggah.

Sementara kuota CPNS di Buteng 69 formasi, khusus PPPK sebanyak 406 formasi. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler