Pesona Keindahan Pura Batu Bolong dan Pantai Duduk: Bali di Gerbang Senggigi

Rabu, 30 Maret 2022 – 14:19 WIB
Pura Batu Bolong yang berdiri anggun di atas batu dan terletak di bibir pantai ini yang dibangun oleh Dang Hyang Dwijendra pada 1533 M ini merupakan gerbang masuk menuju area wisata Senggigi. Foto: Dokumentasi Adit Ralfath

jpnn.com, LOMBOK - Tak asing lagi, Pulau Lombok memiliki daya pikat tersendiri yang tak kalah dengan Bali.

Namun, jika ingin merasakan nuansa Bali di Pulau Lombok, destinasi wisata berikut wajib Sobat Negeriku kunjungi saat liburan.

BACA JUGA: 3 Spot Wisata Tersembunyi di Kuta Mandalika yang Anti-Mainstream

Sembari merencanakan liburan, jangan lupa ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis setiap Selasa yang diadakan dua minggu sekali.

Caranya? Follow akun Instagram @pesona.indonesia, lalu like postingan terbaru PUKIS pada feed.

BACA JUGA: Mau Liburan ke Bali? Destinasi Wisata Ramah Anak di Gianyar Ini Wajib Anda Kunjungi

Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention juga 3 temanmu untuk ikutan kuis ini, ya! Raih beragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Ya, salah satu destinasi di Pulau Lombok yang bernuansa Bali adalah Pura Batu Bolong.

BACA JUGA: Ingin Nikmati Sejuknya Bali? Jangan Lewatkan 3 Destinasi Ini!

Lokasinya berjarak sekitar 45 kilometer dari Bandara Internasional Lombok (BIL), atau sekitar 50 menit perjalanan berkendara.

Pura Batu Bolong yang berdiri anggun di atas batu dan terletak di bibir pantai itu yang dibangun oleh Dang Hyang Dwijendra pada 1533 M ini merupakan gerbang masuk menuju area wisata Senggigi.

Pada perayaan hari besar agama Hindu, suasana lebih meriah sekaligus syahdu bisa dirasakan saat mengunjungi Pura Batu Bolong.

Pura suci yang menawarkan keindahan perpaduan arsitektur Pura Hindu khas Bali dengan pemandangan laut biru yang menghadap langsung ke Gunung Agung ini adalah sambutan sempurna bagi siapa pun yang datang ke Senggigi.

Pura Batu Lombok merupakan Pura Hindu khas Bali dengan pemandangan laut biru yang menghadap langsung ke Gunung Agung ini adalah sambutan sempurna bagi siapa pun yang datang ke Senggigi. Foto: Dokumentasi Adit Ralfath

Kok namanya bisa sama dengan Pura Batu Bolong di Canggu, Bali?

Tidak hanya nama yang sama dengan Pura Batu Bolong di Bali, Pura Batu Bolong Lombok juga memiliki identitas utama yang sama persis, yaitu lubang batu besar berada tepat di bawah bangunan pura suci.

Lubang tersebut merupakan akses menuju ke Pantai Duduk di sebelahnya.

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Pura Batu Bolong adalah wisata religi Hindu Dharma dan wisata sejarah tentang masa awal masuknya agama Hindu ke Pulau Lombok.

Setelah sembahyang (bagi umat Hindu) atau berjalan-jalan bagi umat non-Hindu, pengunjung bisa menikmati aneka kuliner yang tersedia di sekitar pantai, seperti rujak, jagung bakar, dan juga sate.

Selama berada di dalam kawasan pura, pastikan untuk selalu mengenakan bebet (kain ikat pinggang) yang diberikan pada saat registrasi dan memberi donasi ke pura sebagai tiket masuk sebesar Rp 20 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Pantai Duduk yang berada di kawasan Senggigi yang belum banyak diketahui wisatawan tak kalah pesona keindahannya. Foto: Dokumentasi  Adit Ralfath

Belum pernah dengar nama Pantai Duduk, kan?

Meskipun berada di dalam kawasan wisata Senggigi yang sangat terkenal, Pantai Duduk masih tergolong belum banyak diketahui.

Kurangnya ketersediaan fasilitas dan minimnya pengelolaan membuat pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Buat kamu pencinta landscape photography, Pantai Duduk adalah salah satu tempat untuk mendapatkan foto sunset sempurna dengan objek utama Pura Batu Bolong yang terlihat mengapung di saat air pasang dengan Gunung Agung Bali sebagai latar belakang.

Untuk saat ini belum banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Duduk selain menikmati suasana yang masih sepi atau sekadar nongkrong di sebuah kafe pinggir pantai, menanti senja ditemani makanan ringan dan minuman dingin.

Bagi penikmat senja, tentu waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari, sedangkan bagi yang ingin berenang atau bermain pasir, bisa berkunjung pada pagi atau siang hari.

Harga tiket masuk ke Pantai Duduk hanya Rp 5 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Sudah siap liburan? Pastikan Sobat Negeriku sudah vaksin dan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M di mana pun berada.

Mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama agar aktivitas berwisata tetap aman dan nyaman.

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja bisa kamu dapatkan dengan cara follow akun Instagram: @pesona.indonesia, Facebook: @pesona.indonesia, Twitter: @pesonaindonesia, TikTok: @pesonaindonesia, YouTube: Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler