Pestapora 2023 Bikin Bahagia

Selasa, 26 September 2023 – 07:17 WIB
Para penonton yang menghadiri Pestapora 2023 di kawasan Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada Minggu (24/9). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Festival musik, Pestapora 2023 berlangsung meriah di kawasan Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada 22, 23, 24 September 2023.

Diperkirakan total lebih dari 100 ribu penonton dari berbagai daerah dan negara tetangga hadir dalam festival yang diprakarsai oleh Boss Creator tersebut.

BACA JUGA: Kintani, Ipank, Ratu Sikumbang Tampil di Pestapora 2023, Lagu Minang Berkumandang

Semua penonton dari berbagai kalangan menjadi saksi betapa keseruan Pestapora 2023 yang menampilkan 224 musisi, baik penyanyi maupun band.

Banyak momen menarik tersaji dari hari pertama hingga hari terakhir festival yang kali ini mengusung tema buah-buahan tersebut.

BACA JUGA: Pestapora 2023 Masuk Hari Kedua, Ini Daftar Para Penampil

Dari pintu gerbang acara, para penonton langsung disambut dengan dekorasi penuh buah.

Tidak hanya soal buah yang melekat di ingatan, tetapi juga lagu Mari-mari Berpestapora dari Sindhikat Jingel yang merupakan lagu tema Pestapora 2023. Lagu tersebut terdengar dari semua sudut, wajar jadinya begitu menempel di kepala hadirin.

BACA JUGA: Momen Mengharukan Saat Pee Wee Gaskins Beraksi di Pestapora 2023

Aksi panggung para bintang tamu Pestapora 2023 juga membekas indah di mata para penonton. Beberapa musisi sengaja menyuguhkan penampilan spesial dari segi repertoar hingga dandanan.

Pada hari pertama Pestapora 2023, sederet musisi sukses mencuri perhatian. Salah satunya, NOAH yang menjelma menjadi 'Peterpan'.

Grup beranggotakan Ariel, Lukman, dan David itu membawakan lagi lagu-lagu Peterpan dari album Taman Langit, Bintang di Surga, dan Hari Yang Cerah....

"Malam ini temanya Peterpan, jadi enggak ada NOAH malam ini," kata Ariel, Jumat (22/9).

Meski tanpa kehadiran mantan personel, reuni Peterpan di Pestapora 2023 mampu membawa penggemar bernostalgia. Nyanyian massal penonton terjadi dari awal hingga akhir penampilan Peterpan di Pestapora Stage.

Selain Peterpan, beberapa nama musisi juga sukses tampil spesial menghibur hari pertama Pestapora 2023. Seperti, Efek Rumah Kaca yang akhirnya kembali berkolaborasi dengan Barasuara di panggung Gegap Gempita. Panggung tersebut juga sempat jadi saksi aksi memukau Yura Yunita, Lyodra, Rizky Febian, dan Rendy Pandugo.

Area Boss Stage juga hadir dengan sederet keseruan, dari penampilan KOIL, Silampukau, Ungu, The Upstairs, dan Pee Wee Gaskins. Menariknya, Pee Wee Gaskins menyuguhkan set khusus dengan membawakan lagu-lagu dari album Ad Astra Per Aspera.

Denny Caknan menjadi penampil penutup di Boss Stage pada hari pertama Pestapora 2023. Lagu-lagu yang dibawakannya spontan membuat ribuan penonton langsung bergoyang.

Momen goyang massal juga terjadi saat DJ Yasmin dan DJ Una menghibur hadirin dari area Double Deck. Pukul 01.00 WIB, hari pertama Pestapora 2023 berakhir.

Memasuki hari kedua, Pestapora 2023 makin ramai dari siang sampai malam. Penonton mulai berdesakan ketika pindah dari satu area ke area lain.

Beberapa penampil menjadi pusat perhatian pada hari kedua Pestapora 2023. Salah satunya yakni pertunjukan spesial dari 3 penyanyi Minang yakni Kintani, Ipank, dan Ratu Sikumbang.

Ketiga penyanyi tersebut mengumandangkan lagu-lagu Minang dari yang sedih hingga gembira di hadapan penonton Pestapora 2023.

"Halo Pestapora 2023, urang awak mana suaranya," ucap Kintani di panggung Hingar Bingar, Sabtu (23/9).

Kintani membawakan lagu seperti Cangguang, Gamang Bamimpi, dan Cinto Apo Adonyo. Ipank memamerkan cengkok suara yang khas lewat lagu Makan Hati, Kandak Rang Tuo, dan Ba Ayah Lai Babako Tido.

Sementara itu, Ratu Sikumbang mengajak penonton Pestapora 2023 bernyanyi bersama lewat lagu Maulang Sayang, Gungguanglah Denai, dan Ginyang.

Kintani, Ipank, dan Ratu Sikumbang menutup sajian musik Sumatra Barat dengan lagu Ayam Den Lapeh. Penampilan ketiganya di Pestapora membuktikan bahwa lagu daerah bisa diterima di mana pun.

Pestapora 2023 memang menampilkan sejumlah musik daerah secara khusus, seperti dari Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Indonesia Timur Show.

"Pestapora adalah festival musik yang ingin merangkul semua kalangan. Dengan menghadirkan musik dari berbagai daerah di Indonesia, kami ingin menunjukkan bahwa musik Indonesia sangat beragam dan kaya akan warna,” ucap Kiki Aulia Ucup, Direktur Boss Creator.

Hari kedua Pestapora 2023 juga dihebohkan dengan beberapa penampilan dari grup musik keras. Seperti aksi band sludge metal Godplant, band hardcore asal Medan yakni Peach, yang membuat area Alternative Stage penuh sesak.

Sederet band keras lainnya juga tampil beringas seperti The Brandals, Morfem, Amerta, Rekah, hingga The Jansen.

Tidak hanya milik musisi cadas, Pestapora 2023 hari kedua juga diramaikan oleh sajian dangdut.

Aksi Inul Daratista di panggung Pestapora Stage sangat layak mendapat pujian. Meski baru sembuh dari sakit, dia tetap tampil maksimal. Inul Daratista bergoyang dan bernyanyi dengan enerjik dari lagu ke lagu.

Beberapa penampilan khusus lainnya juga tersaji di Pestapora 2023 hari kedua. Seperti aksi kocak dan menghibur dari Andre Taulany And Friends.

Andre Taulany bersama tokoh beken lainnya yakni Desta, Raffi Ahmad, Dikta, dan Surya Insomnia membawakan lagu-lagu cover yang cukup populer. Dengan menyertakan berbagai gimik, penampilan Andre Taulany And Friends sukses menghibur penonton.

Hadirin juga terhibur berkat aksi spesial dari Banda Neira dibawakan oleh Ananda Badudu, Duo Maia, Smash x TBA, Feel Koplo, dan Guyon Waton. Hari kedua Pestapora 2023 ditutup dengan sajian dari Back In The Days, Anton Wirjono, Hogi Wirjono.

Penonton Peestapora 2023 makin ramai pada hari ketiga alias hari terakhir, Minggu (24/9). Antrean panjang di gerbang masuk bahkan terjadi dari siang hari.

Puluhan penyanyi dan grup musik menjadi magnet pada hari ketiga Pestapora 2023. Wajar apabila penonton begitu antusias hingga tiket terjual habis.

Beberapa penampil yang jadi sorotan yakni Sheila On 7, Aldi Taher, Dewa 19, D'Masiv, Mahalini, Raisa, Tipe-X, King Nassar, Sherina, JKT 48, Parade Hujan, Kunto Aji, GIGI, Feby Putri, Juicy Luicy, Ayu Ting Ting, RAN, The Changcuters.

Lautan manusia terjadi saat Sheila On 7 beraksi di Pestapora Stage. Band asal Yogyakarta itu memang sangat ditunggu, seusai beredar rumor pada Pestapora tahun lalu.

Sajian musik keras pada hari ketiga Pestapora 2023 dihadirkan oleh Seringai X Burgerkill, NTRL, Dongker, ALI, Grrrl Gang, D'Jenks, Begundal Lowokwaru, Bonga-Bonga.

Aksi-aksi menghebohkan turut dipertunjukkan oleh Tipe-X, Aldi Taher, NDX AKA, King Nassar, JKT48, Mamang Kesbor, dan sebagainya.

Hari terakhir Pestapora 2023 ditutup dengan karaoke massal yang dipimpin oleh Ucupop. Raut-raut lelah namun penuh kebahagiaan tampak di wajah para penonton yang beranjak pulang.

Dengan segala sajian dan kekurangannya, Pestapora 2023 secara umum sukses membuat pengunjung berbahagia. Hingga saat ini, momen-momen spesial di Pestapora 2023 masih menghiasi media sosial.

 (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler