Petani Kopi Apresiasi Dampak Bantuan Pemerintah Bagi Produktivitas

Kamis, 10 Agustus 2023 – 19:34 WIB
Ilustrasi petani kopi. Foto : Irwansyah Putra/Antara

jpnn.com, BANDUNG - Upaya pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mengoptimalkan produktivitas petani terus dilakukan.

Pemerintah telah memberikan beragam bantuan baik dalam bentuk alat pertanian maupun serangkaian program seperti KUR Pertanian.

BACA JUGA: Inilah Aksi Adaptasi Mitigasi Kementan untuk Pertanian Hortikultura, Simak

Eti Sumiati, anggota Kelompok Tani Wanoja di Desa Lakasana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, mengungkapkan bahwa pihaknya merasa terbantu bantuan Kementan.

"Secara proses pascapanen lancar, terbantu dengan adanya Alsintan bantuan dari pemerintah, mulai mesin pengupas kulit cherry (pulper) sampai pengupas kulit tanduk (huller)," ungkap Eti yang diterima media, Kamis (10/8).

BACA JUGA: Pertanian Menjadi Sektor Paling Terdampak Perubahan Iklim, Waspada!

Selanjutnya, kata Eti, untuk ketersediaan pupuk subsidi memang terbatas. Namun, dengan adanya bantuan progam Unit Pengelolaan Pupuk organik (UPPO) ketersediaan pupuk dapat terjamin.

"Dengan adanya alat seperti UPPO kami bisa membuat pupuk sendiri, cangkang kopi tambah kohe difermentasi buat pupuk tahun berikutnya," jelasnya.

BACA JUGA: Cetak Pebisnis Pertanian, Mentan SYL Luncurkan BUPK

Tak hanya itu, lanjut Eti, pemerintah juga menyiapkan bantuan KUR pertanian untuk membantu permodalan bagi para petani.

"KUR pertanian sangat membantu sekali untuk biaya perwatan dan pemeliharaan tanaman kopi, juga untuk biaya pasca panen," katanya.

Untuk mengakses beberapa bantuan tersebut, kata Eti, perlu adanya pengajuan sesuai mekanisme berlaku yang telah ditetapkan, namun pemerintah tidak mempersulit dalam proses pengajuannya.

"Kami tidak mendapat kesulitan dalam hal mengakses program bantuan pertanian, karena kami mengajukan sesuai kebutuhan, tidak asal, juga kami kelompok yang sudah cukup maju dan memiliki kebutuhan yang jelas," tutupnya.

Hingga saat ini, pemerintah terus berupaya memberikan kemudahan bantuan pertanian dan tepat sasaran, beberapa program bantuan pemerintah untuk sektor pertanian diantaranya pupuk subsidi, Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO), Jaringan Irigasi Tersier (JIT), KUR pertanian, Alsintan hingga Jalan Usaha Tani (JUT). (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler