Peter Sagan Bidik Juara Dunia dari Colorado

Jumat, 09 Agustus 2013 – 15:01 WIB
Peter Sagan. Foto: TDW Sport

jpnn.com - ASPEN - Peter Sagan memilih kawasan pegunungan di Colorado, Amerika Serikat, sebagai tempat mempersiapkan diri menuju Kejuaraan Dunia Road Race 2013. Pembalap berjuluk The Terminator itu menggembleng diri di Aspen, Colorado, dan bakal terjun di USA Pro Cycling Challenge pada 19-25 Agustus mendatang sebelum nantinya terbang ke Tuscany, Italia, tempat dia mengikuti perburuan rainbow jersey pada 29 September.

Jalur berbukit sebagai rute lomba kejuaraan dunia di Tuscany nanti itu diperkirakan sebagai yang terberat dalam 20 tahun terakhir. Tapi, mungkin tidak bagi Sagan. Sebab, dia sudah berkali-kali membuktikan ketangguhannya pada lomba satu hari atau Classic yang berlangsung di jalur serupa.

BACA JUGA: Ahsan/Hendra Melesat ke Semifinal

Persiapannya di Colorado diyakininya bakal sangat membantu. "Saya bisa menggabungkan beberapa latihan sekaligus di jalur yang tepat dan mengambil manfaat dari berlatih di ketinggian," ungkap Sagan seperti dilansir Cyclingnews.

Tahun lalu Sagan gagal menang di kejuaraan dunia setelah meraih green jersey Tour de France. Dia hanya berada di posisi ke-14. Padahal, jalur lomba di Valkenburg, Belanda, ketika itu cocok dengan kekuatan Sagan sebagai seorang sprinter.

BACA JUGA: Chelsea Juara Premier League

"Saya tak peduli dengan hasil tahun lalu karena saya tahu setiap musim berbeda dan setiap pembalap punya kemampuan berbeda," terangnya.

Pembalap Cannondale itu menyebut kejuaraan dunia sebagai bagian ketiga dari puncak penampilannya musim ini. Dia menganggap telah meraih hasil bagus di dua bagian sebelumnya.

BACA JUGA: Kejutan dari Eks Didikan Cipayung

Di bagian pertama, dia meraih satu kemenangan dan dua kali runner-up di rangkaian lomba Classic. Sementara di bagian kedua, dia mampu mempertahankan green jersey di Tour de France.

Kejuaraan dunia nomor road race tahun lalu dimenangi pembalap Belgia Philippe Gilbert. Tahun ini peluang terjadinya pergantian juara amat besar karena tipe jalur yang dilombakan amat berbeda. Kali ini para climber jadi favorit juara dengan nama-nama seperti pembalap Italia Vincenzo Nibali dan Alejandro Valverde (Spanyol) jadi kandidat utamanya. (ady/c9/ttg)

Kejuaraan Dunia Road Race 2013

Kejuaraan yang berlangsung di Tuscany, Italia, mulai 21 hingga 29 Septermber itu merupakan edisi ke-18 kalender tahunan UCI (Federasi Balap Sepeda Internasional) tersebut. Ada tiga kategori lomba: team time trial (TTT), individual time trial (ITT), dan road race.

Team Time Trial (TTT)

Tim putri 42,79 km 22 September

Tim putra 57,20 km 22 September

Individual Time Trial (ITT)

Junior putrid 16,27 km 23 September

U-23 putra 43,49 km 23 September

Junior putra 22,05 km 24 September

Elite Putri 22,05 km 24 September

Elite putra 57,9 km 25 September

Road Race

Junior putrid 82,85 km 27 September

U-23 putra 173,19 km 27 September

Junior putra 140,05 km 28 September

Elite putri 140,05 km 28 September

Elite putra 272,26 km 29 September

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bukti The Real Ronaldo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler