Pidato Bung Karno akan Diperdengarkan di MPR

Peringatan Hari Pancasila

Kamis, 20 Mei 2010 – 16:47 WIB
JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto mengatakan peringatan Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni mendatang akan diperingati dengan mendengarkan Pidato Bung KarnoHal itu disampaikan Djoko Suyanto saat bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi menemui Pimpinan MPR di Gedung Nusantara III lantai sembilan, DPR, Jakarta, Selasa (20/5). 

Menurutnya, inti dalam peringatan itu adalah mendengarkan Pidato Bung Karno  pada Badan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)

BACA JUGA: Rusli Zainal Deklarasi Siap Pimpin SOKSI

"Sebab dari Pidato Bung Karno itulah muncul gagasan landasan dan dasar negara yang dianut Indonesia  sebelum kemerdekaan diproklamasikan," kata Djoko.

Apakah dalam pertemuan itu juga dibicarakan rencana amandemen UUD 1945? Djoko mengatakan tidak ada
Kata dia,  pembicaraan itu hanya khusus untuk merayakan Pidato Bung Karno pada satu juni 1945 yang lalu termasuk penyelenggaraannya dan subtansi dari peringatan itu.

Dalam pertemuan itu kata Djoko tidak membicarakan rencana mengembalikan Garis-garis Besar Haluan Negara karena pihaknya hanya diutus hanya untuk membicarakan peringatan 1 Juni

BACA JUGA: Giliran Anggito Tinggalkan BKF



"Saya tidak diberi mandat untuk membicarakan itu
Mandat yang diterima bagaimana pidatonya juga pas dengan rohnya 1 Juni terkait dengan landasan dan gagasan dasar negara kita, tidak ke mana-mana," tukasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan bahwa sudah terjadi kesepakatan antara pemerintah dan DPR untuk melakukan acara tersebut

BACA JUGA: Juni, Gaji Ke-13 Dibayarkan



"Alhamdulillah, Presiden kemungkinan besar akan hadir memenuhi undangan MPR," ujarnya(awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggito Pilih Mundur dari Kemenkeu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler