Pidato di Rapat Paripurna, Puan Singgung Bencana dan Kebutuhan Pokok

Selasa, 15 Maret 2022 – 12:12 WIB
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar Rapat Parpurna ke-17 Masa Persidangan IV Tahun 2021-2022 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3). Ilustrasi foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar Rapat Parpurna ke-17 Masa Persidangan IV Tahun 2021-2022 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3).

Adapun, rapat kali ini beragenda mendengarkan pidato Ketua DPR RI pada Pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022.

BACA JUGA: Puan Bertemu Anggota KPU dan Bawaslu Terpilih, Ada yang Curiga?

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pidatonya menyinggung keprihatinan soal bencana yang terjadi Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

"Pemerintah agar melakukan upaya berbagai upaya penanggulangan bencana untuk menangani masyarakat terdampak," kata Puan dalam pidatonya di rapat paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa.

BACA JUGA: 115 Negara Siap Hadiri IPU di Bali, Puan Maharani Ingatkan Hal Sangat Penting Ini

Eks Menko PMK itu juga menyinggung tentang fungsi konstitusional DPR RI yang harus memastikan rakyat mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih baik.

Selanjutnya, kata Puan, DPR juga harus memastikan pelayanan BPJS kesehatan lebih mudah diakses rakyat. 

BACA JUGA: Dasco Ungkap Agenda Pertemuan Anggota KPU-Bawaslu Terpilih dengan Cak Imin

Berikutnya, kata legislator Fraksi PDI Perjuangan itu, DPR harus memastikan rakyat bisa memenuhi kebutuhan pokok dengan mudah.

"Inilah tanggung jawab kita bersama dalam menjalankan kedaulatan rakyat, agar kemajuan membangun Indonesia dirasakan seluruh rakyat," tutur Puan.

Dia dalam pidatonya juga menyinggung soal pelaksanaan Pemilu 2024 yang sudah menjadi kebijakan negara, karena sudah ditetapkan DPR bersama pemerintah.

Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab bersama untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai alat demokrasi yang berkualitas dalam menyuarakan kehendak rakyat," tutur Puan disambut riuh peserta rapat paripurna. 

Diketahui, rapat paripurna beragenda mendengarkan pidato Ketua DPR RI pada Pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022 itu dihadiri oleh 333 anggota dewan baik fisik maupun virtual.

Dari 333 dewan itu terdiri dari 80 dewan hadir secara fisik dan 252 mengikuti secara virtual dan 1 orang izin. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BURT DPR Cek Kesiapan RSUP Sanglah Jelang Sidang IPU di Bali


Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler