Pilgub Sulut 2024, Jan Maringka: Yulius Selvanus Pilihan Tepat Bagi Masyarakat

Rabu, 18 September 2024 – 13:11 WIB
Ilustrasi Pilkada 2024. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Sulawesi Utara (Sulut) saat ini memberikan kesempatan publik untuk memberikan tanggapan atas Bacagub Sulut mulai Tanggal 15- 18 September 2024.

Satu di antaranya adalah Yulius Silvanus Komaling atau biasa dikenal YSK yang berpasangan dengan Victor Maliangkay (VM).

BACA JUGA: Praktisi Pendidikan Nilai Yulius-Victor Pasangan Ideal Maju di Pilgub Sulut 2024

Hal ini mendapat tanggapan dari tokoh Kawanua di Jakarta Dr. Jan S Maringka yang pernah menjabat sebagai Jaksa Agung Muda pada tahun 2017- 2020.

Bagin dia, YSK adalah pilihan yang tepat bagi masyarakat Sulawesi Utara.

BACA JUGA: Sekda Sumsel Hadiri Rakornas Jelang Pilkada, Ada Pesan Penting dari Ketua Bawaslu RI

“YSK adalah pilihan yang tepat bagi masyarakat Sulut. Terutama yang memiliki akal sehat, agar Sulut bisa semakin maju dan semakin baik dalam pembangunan lima tahun ke depan," kata Jan Maringka dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Menurut dia, beberapa hal yang sering dihembuskan adalah status terpidana yang bersangkutan (red-YSK) terkait dengan masalah 98 dan secara akal sehat kasus ini tidaklah murni perkara pidana.

Berbeda dengan calon lain yaitu terkait dengan perkara tindak pidana korupsi, baik dalam statusnya sebagai tersangka ataupun terpidana.

“Dalam kasus pidana militer itu erat kaitan dengan masalah kedinasan, serta ada nuansa politis pada masanya. Terbukti pada akhirnya YSK tetap berdinas sebagai militer aktif dengan berbagai penugasan. Bahkan YSK bisa mencapai pangkat Mayor Jenderal diberikan amanah sebagai Staf Khusus khusus Menteri Pertahanan, setelah usai dinas aktif dalam kemiliteran," ujar Jan Maringka.

Artinya kata dia, ada kepercayaan yang melekat kepasa YSK, sehingga tidak salah sampai diberikan amanah tambahan untuk menjaga kampung halaman ibunda tercinta dari Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Pernyataan ini disampaikan secara terbuka dalam Rakernas Partai Gerindra akhir bulan lalu di hadapan para kader partai.

"Persoalan lain yang dipertajam adalah darah Minahasa yang mengalir dalam tubuh YSK. Hal yang sebenarnya sdh tidak perlu diragukan lagi karena ibu yang mengandung adalah putri Minahasa yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi," tukas Jan Maringka.

Sebenarnya, Selasa malam (17/9/2024) dirinya juga mendapat undangan ibadah syukur hari jadi YSK ke 61 di Fourpoint Hotel, Manado. Namun walau Jan Maringka tidak bisa hadir, kiranya doa dan pendapatnya ini adalah bentuk dukungan nyata agar YSK tetap sehat dan semangat memajukan Sulut.

"Masyarakat Sulut menyadari banyak harapan dan program yang akan diusung oleh Pemerintah Daerah yang perlu mendapat dukungan Pemerintah Pusat. Dengan kata lain kita tidak bisa melupakan arti penting peran penyambung aspirasi daerah dengan presiden terpilih yang berdarah Langowan itu," ucap Jaksa Senior yang pernah menjabat Irjen Kementerian Pertanian (2021-2023) ini.

Terakhir, kata Jan Maringka, besar harapan masyarakat bisa kita percayakan kepada YSK-Victory untuk memajukan Sulut 2024-2029.

Sebuah harapan Sulut Maju bukan sekedar omon-omon, namun bisa segera menjadi kenyataan.

"Saya secara pribadi mengucapkan selamat berjuang kepada YSK bersama VM untuk memajukan Sulut maju. Tidak lupa juga saya ucapkan selamat hari jadi Broer Jenderal YSK, Tuhan Yesus Memberkati," pungkas Jan Maringka.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler