Praktisi Pendidikan Nilai Yulius-Victor Pasangan Ideal Maju di Pilgub Sulut 2024

Jumat, 09 Agustus 2024 – 11:58 WIB
Warga Sulut akan memilih pasangan cagub dan cawagub di Pilgub Sulut pada November 2024. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Praktisi Pendidikan Dr. Muliadi Mokodompit menilai sosok politikus senior Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Johannes Victor Mailangkay layak maju sebagai bakal calon wakil Gubernur Sulut 2024-2029.

Dia mengatakan figur Victor Mailangkay sangat tepat mendampingi Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling sebagai Bakal Calon Gubernur Sulut.

BACA JUGA: Tokoh Pemuda Minahasa Cakrawala Messie Soroti Bacagub Sulut

Victor Mailangkay. Foto: Dokumentasi pribadi

BACA JUGA: Senator Sulut Sesalkan Fitnah ke Pimpinan DPD, Minta Yorrys Cs Tak Rusak Citra Lembaga

Rektor Institute Agama Islam (IAI) Muhamadiyah Kota Mobagu ini mengibaratkan Victor Mailangkay tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara berduet dengan Yulius Selvanus tokoh Patriot Bangsa.

Menurut Muliadi sapaan akrabnya, kedua tokoh ini adalah pasangan ideal dan saling melengkapi untuk Sulut lebih maju.

BACA JUGA: Demokrat Serahkan Rekomendasi Pilkada Serentak 2024, Ada Istri Azwar Anas hingga Anak Pramono Anung

“Saya menilai Pak Jenderal Yulius Selvanus dan Pak Victor Mailangkay adalah pasangan paling layak dan ideal untuk Sulut lebih maju. Keduanya bisa saling melengkapi dan menguatkan satu sama lain nantinya di pemerintahan,” ujar Rektor Muliadi di Kota Mobagu, Kamis (8/8/2024)

Menurut dia, kalau pasangan Yulius – Victor benar-benar terwujud maka akan aterbangun sebuah kolaborasi yang sangat baik dalam segala aspek di Sulawesi Utara.

“Saya yakin jika keduanya terpilih memimpin Sulawesi Utara sudah pasti ada kemajuan di berbagai aspek pemerintahan, terutama bidang pendidikan akan lebih maju lagi,” ucap Rektor Muliadi.

Di samping itu, Yulius Selvanus sebagai Bacagub Sulut 2024-2029 mendapat dukungan langsung dari Prabowo Subianto Presiden terpilih.

Oleh karena itu, menurut Muliadi, pasti gerakannya di bidang politik dan pemerintahan tidak main-main.

“Pak Jenderal Yulius Selvanus dan Doktor Victor Maliangkay sama-sama memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni. Apalagi keduanya memiliki kedekatan dan dukungan dari Presiden Terpilih dan politisi senior di pusat,” tegas Muliadi optimistis.

Untuk diketahui, Dr. Johannes Victor Maliangkay adalah politkus kelahiran 20 September 1957. Johannes meraih gelar doktor dari Universitas Hasanuddin.

Victor Maliangkay mengawali karier politik dari Partai Golkar sejak 1980-an. Ia pernah mengikuti diklat kader bangsa yang digelar Golkar pada 1982 di Semarang, Jawa Tengah.

Victor Maliangkay juga pernah mengikuti orientasi fungsionaris Partai Golkar di Jakarta pada 2009.

Selain itu, Victor Maliangkay menjabat sebagai Wakil Sekretaris Partai Golkar Sulawesi Utara periode 1984-1988.

Terakhir, Victor Maliangkay juga pernah menjadi Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sulut 2009-2015.

Victor Maliangkay juga pernah duduk sebagai anggota DPRD Manado hingga DPRD Sulut.

Selanjutnya, Victor Mailangkay kemudian bergabung di Partai Nasdem. Ia mengaku telah sembilan kali ikut pemilu. Hasilnya, tujuh kali lulus ke parlemen, dan dua kali gagal.

Dia pernah beberapa periode sebagai anggota DPRD Kota Manado dan beberapa periode di DPRD Sulawesi Utara dari dapil Kota Manado.

Victor Mailangkay sempat maju sebagai calon anggota DPR RI, namun gagal. Ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Sulawesi Utara yang baru dari 25 Maret 2022 lewat Surat Keputusan (SK) Nomor: 94-Kpts/DPP-NasDem/III/2022 tanggal 25 Maret 2022.(fri/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler