Pilkada Jakarta 2024: Tim Pemenangan Yakin RIDO Menang 1 Putaran, Ini Alasannya

Senin, 14 Oktober 2024 – 10:35 WIB
Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil saat menyapa warga di Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (13/10/2024).(ANTARA/Ilham Kausar)

jpnn.com - JAKARTA - Tim Pemenangan Pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono, yakin RIDO menang satu putaran dalam Pilkada Jakarta 2024.

Keyakinan itu didasari hasil dari beberapa survei yang menunjukkan elektabilitas RIDO di Pilkada Jakarta 2024 tertinggi dibandingkan dengan pasangan calon lainnya.  

BACA JUGA: Jajak Pendapat Pilkada 2024: Abdul Razak-Sri Suwanto Menang Telak di Pilgub Kalteng

Dewan Penasihat Tim Pemenangan RIDO Arief Rosyid Hasan menilai hasil survei itu wajar karena pasangan Ridwan Kamil-Suswono dalam debat perdana menghadirkan solusi konkret terhadap permasalahan di Jakarta.

"Di semua sesi RIDO unggul dibanding pasangan lain," kata Arief dalam keterangannya di Jakarta, Senin (14/10).

BACA JUGA: Begini Cara Golkar Surabaya Kampanyekan Paslon yang Diusung pada Pilkada 2024

Survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan elektabilitas RIDO menempati posisi teratas, yakni 52,6 persen.

Sementara. dua rival RIDO dalam survei yang dilakukan pada 21-27 September 2024 dengan teknik wawancara itu, yakni Pramono Anung-Rano Karno (nomor urut 3) berada di angka 27,1 persen dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (nomor urut 2) 2,7 persen. 

BACA JUGA: Tim Hukum Minta Bawaslu Gerak Cepat Ungkap Pelaku Perusakan Baliho RIDO

Arief melanjutkan sosok pemimpin yang dibutuhkan Jakarta adalah mereka yang punya pengalaman. Hal tersebut ada pada sosok Ridwan Kamil yang pernah menjadi wali kota Bandung dan gubernur Jawa Barat.

Bukan hanya itu saja, Arief juga melihat sosok Ridwan Kamil ialah pilihan tepat bagi kaum milenial dan Gen Z.

Kelompok tersebut paling membutuhkan keberpihakan dari pemerintah.

"Program RIDO memberi kepastian kepada mereka bahwa pemerintah akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Juga untuk yang terkena PHK akan ada bantuan 3 bulan agar bisa merintis usaha atau mencari pekerjaan baru," katanya.

Oleh karena itu, dia percaya kontribusi suara milenial dan Gen Z yang besar dalam mendukung RIDO, bisa membuat menang satu putaran.

"Sebanyak 70-80 persen suara mereka akan mengantarkan RIDO menang sekali putaran," kata Arief optimistis. 

Direktur Eksekutif Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan berdasarkan elektabilitas, RIDO cukup unggul dibanding pesaing lainnya.

Oleh karena itu, peluang RIDO menang satu putaran terbuka lebar.

"Peluang RIDO memenangi satu putaran terbuka lebar," katanya. 

Selain itu, peluang kemenangan RIDO makin besar karena dari sisi tingkat keyakinan pemilih pasangan itu mencapai lebih dari 80 persen.

"Ini artinya pergeseran suara RIDO turun itu akan sulit," kata Dedi.

Berdasarkan hasil undian pengambilan nomor urut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler