Pilpres 2019 Bisa jadi Pertarungan Anies, Prabowo, Jokowi

Kamis, 19 Oktober 2017 – 17:25 WIB
Warga Jakarta saat menyambut kedatangan Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Halaman Balai Kota, Jakarta, Senin (16/10). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Dalam politik segala sesuatu mungkin saja terjadi. Karena itu tidak tertutup kemungkinan Partai Gerindra juga nantinya bakal mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2019.

Peluang semakin besar, apalagi proses pemilihan presiden masih dua tahun mendatang.

BACA JUGA: Prabowo Masih Berambisi, Ini Tantangan dari Fahri

"Saya kira dalam politik tidak ada yang tak mungkin. Jadi bisa saja nantinya Partai Gerindra mengusung Anies sebagai calon presiden," ujar pengamat komunikasi politik dari Universitas Mercu Buana Jakarta Maksimus Ramses Lalongkoe kepada JPNN, Kamis (19/10).

Meski demikian, Ramses mengakui peluang Gerindra mengusung Anies sangat kecil. Pasalnya, partai tersebut sejak beberapa waktu lalu telah menggadang-gadang ketua umumnya Prabowo Subianto bakal kembali maju sebagai calon presiden, setelah sebelumnya kalah dari Jokowi pada Pilpres 2014 lalu.

BACA JUGA: Sambangi Kejati DKI, Anies-Sandi Tak Bahas Masalah Khusus

"Jadi peluangnya ada tapi sangat kecil. Sebab ada Prabowo yang juga sebagai calon presiden dan sebagai pemilik partai," ucapnya.

Selain itu, Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini juga menilai, sangat terbuka peluang sejumlah partai politik lain bakal mendukung Anies sebagai capres nantinya.

BACA JUGA: Banyak yang Perkarakan Anies, Mabes Pastikan Sisir Semua

Alasan yang dikemukakan cukup sederhana. Parpol kata Ramses, tentu ingin menang dalam proses pilpres.

Demi mewujudkan tujuan tersebut, maka semua kemungkinan akan dibuka, termasuk mengusung calon yang bukan merupakan kader mereka.

Namun tentunya dengan berbagai syarat sesuai kebijakan masing-masing parta. Di antaranya yang paling diutamakan elektabilitas tokoh.

Karena itu, jika dalam dua tahun ke depan Anies mampu menunjukkan elektabilitas mumpuni, besar kemungkinan diusung sejumlah parpol maju sebagai calon presiden. Jika ini terjadi, Pilpres 2019 menjadi pertarungan tiga tokoh; Anies, Prabowo, Jokowi.

"Perlu diketahui, politik selalu dinamis dan selalu ada peluang bagi siapa saja. Tentunya dalam hal ini termasuk bagi Anies mendapat dukungan partai lain bila elektabilitasnya bagus," pungkas Ramses.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengamat: Prabowo Sudah Berbuat Apa Mau Menyalip Jokowi?


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler