Pimpin Apel Kesiapan Penanganan Karhutla, Pj Gubernur Agus Fatoni Minta Personel Ditambah

Kamis, 12 Oktober 2023 – 23:56 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat menjadi inspektur upacara Apel Pengerahan Penambahan Pasukan dan Kesiapan Peralatan Penanganan Karhutla di Kabupaten OKI, Rabu (11/10). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, KAYUAGUNG - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni meminta penambahan personel untuk mempercepat penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Agus Fatoni saat memimpin apel kesiapan penanggulangan Karhutla di Kabupaten OKI, Rabu (11/10)..

BACA JUGA: Rakorsus Bareng Menko Mahfud MD, Pj Gubernur Agus Fatoni Paparkan Kondisi Karhutla di Sumsel

“Hari ini ditambah 350 pasukan dari Kodam. Jadi perlu dilakukan bersama-sama dengan terkoordinasi dan juga harus terkonsolidasi,” kata Fatoni.

Fatoni mengatakan apel ini sebagai bentuk evaluasi penanganan karhutla di wilayah Kabupaten OKI, mulai dari pengecekan personel, peralatan pemadaman hingga simulasi penanggulangan karhutla.

BACA JUGA: Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Tinjau Langsung Lokasi Karhutla

Dia meminta seluruh komponen dan elemen yang ada dilibatkan demi mempercepat penanganan karhutla.

Saat ini, Pemprov Sumsel terus berupaya memberikan solusi bagi pemerintah daerah untuk melakukan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), slah satunya dengan skema pergeseran anggaran.

BACA JUGA: Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Sebut Penanganan Karhutla Dinilai Sangat Mendesak

“Karena ini sifatnya darurat dan mendesak bisa dilakukan pergeseran anggaran setelah perubahan APBD,” jelasnya.

Dari perusahaan, Fatoni mengharapkan untuk dapat berkontribusi dengan memberikan bantuan dan sumbangan yang nantinya akan digunakan dalam penambahan pasukan dan juga kegiatan-kegiatan lainnya.

"Alhamdulillah responsnya cukup baik. Ini juga akan ada bantuan-bantuan sesuai dengan kondisi perusahaan masing-masing,” ujarnya.

Fatoni juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Sumsel untuk melaksanakan salat istiqsa atau salat meminta hujan secara berjemaah.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Jumat pagi di masjid dan pondok pesantren sesuai wilayahnya masing-masing.

“Serentaknya di Provinsi Sumsel pada hari Jumat pagi nanti (besok). Kami akan mengadakan salat minta hujan di kabupaten/kota, kecamatan, masjid-masjid dan di pondok pesantren agar doa kami lebih makbul lagi," kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Fatoni turut menyerahkan bantuan tanggap darurat bencana karhutla.

Bantuan berupa mesin pompa dan peralatan secara simbolis dari BPBD Provinsi Sumsel kepada BPBD OKI.

Sebagai informasi, dalam apel ini juga hadir Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Yanuar Adil, Kapolda Sumsel Irjen A. Rachmad Wibowo, Kajati Sumsel Sarjono Turin, Bupati OKI Iskandar, dan Danrem 044/Gapo Brigjen Naudi Nurdika.(mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler