Pimpinan MPR Lestari Moerdijat Apresiasi Polri Dorong Perempuan Jadi Kapolda

Jumat, 14 Februari 2020 – 19:02 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: dok.pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat atau Rerie mengapresiasi kejelian Kapolri Jenderal Idham Aziz dalam mencermati kapasitas dan kapabilitas Polwan untuk dipromosikan sebagai Kapolda.

Apresiasi itu tetap disampaikan Rerie, sekalipun sebelumnya, 10 tahun lalu telah ada perempuan polisi yang menjabat Kapolda.

BACA JUGA: Akbar Alfarisi Divonis Hukuman Mati, Istri Sopir Taksi Online Ini Mengaku Puas

"Saya mengapresiasi Polri yang menerapkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam menjalankan karier di institusinya," kata Lestari di Jakarta, (14/2), menanggapi rencana Kapolri mengangkat perempuan polisi menjadi Kapolda dalam tiga bulan ke depan.

Di lingkungan Polri, pemberdayaan dan kesetaraan perempuan dalam hal karier memang sudah terlihat sejak masa lalu. Sejumlah perempuan polisi telah menyandang bintang di pundaknya, bahkan menjadi Kapolda. Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Hj Rumiah Kartoredjo menjabat sebagai Kapolda Banten sejak Januari 2008 sampai Februari 2010.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat Minta Pemerintah Beri Perhatian Lebih Soal Kanker

Sedangkan Polwan lain yang menyandang bintang adalah Brigjen (Purn) Jeanne Mandagi, Brigjen (Purn) Roekmini Koesoema Astoeti, Irjen (Purn) Basaria Panjaitan, Brigjen (Purn) Paula Maria Renyaan Bataona, Brigjen (Purn) Sri Kusmaryati, Brigjen (Purn) Noldy Rata, Brigjen (Purn) Soepartiwi, Brigjen Ida Utari, Brigjen (Purn) Nur Afiah, Brigjen Sri Handayani, dan Brigjen Juansih.

Menurut Rerie, keberadaan Polwan yang memiliki bintang di pundaknya merupakan salah satu bukti keseriusan dan political will Polri dalam mengedepankan kesetaraan gender dalam pemberdayaan sumber daya manusia di lingkungan Bhayangkara Negara itu.

BACA JUGA: Ada yang Unik dalam Sosialisasi Empat Pilar Bersama Lestari Moerdijat

Bila tiga bulan mendatang ada perempuan yang menjabat Kapolda, menurut Legislator NasDem tersebut, hal itu mencerminkan konsistensi institusi kepolisian dalam upaya pemberdayaan perempuan.

Pada Kamis (13/2) Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menaikan pangkat sebanyak 42 perwira tinggi (Pati) Polri. Dari 42 Pati tersebut, dua di antaranya merupakan wanita.

Idham Azis mengatakan dua Polwan yang naik pangkat dan menyandang bintang di pundak sebagai bentuk kesetaraan antara perempuan dan laki-laki.

Ia pun berbicara kemungkinan menempatkan seorang Polwan menjadi Kapolda.

BACA JUGA: Rumput di Pinggir Jalan Terus Bergerak-gerak, Penasaran Lantas Dilihat, Astaga Ternyata

"Jangan salah kalau 2-3 bulan ke depan ada Polwan yang bisa mungkin saya angkat jadi Kapolda," kata Idham.(jpnn)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler