Pj Gubernur Jateng Cek Belanja Fisik di SMK Negeri 9 Surakarta Senilai Rp 3,6 Miliar

Kamis, 01 Agustus 2024 – 20:03 WIB
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengecek belanja fisik di SMK Negeri 9 Surakarta senilai Rp 3,6 miliar. Foto: dok. Pemprov Jateng

jpnn.com, SURAKARTA - Pj Gunernur Jateng Nana Sudjana mengecek langsung progres belanja bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) di SMK Negeri 9 Surakarta yang nilainya mencapai Rp 3,6 miliar.

Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan ruang praktek siswa, beserta perabotnya.

BACA JUGA: Nana Sudjana Dikukuhkan Sebagai Ketua Mabida Pramuka Jateng

Saat ini, bangunan tersebut terwujud sekitar 22 persen, karena pengerjaan baru dimulai pada 10 Juni 2024.

Pengerjaan ditargetkan selama 150 hari, atau selesai pada 6 November 2024. Nana berpesan agar pembangunan dikerjakan dengan baik.

BACA JUGA: Kemendikbudristek Beberkan Capaian Pendidikan Vokasi Dalam Empat Tahun Terakhir

Dalam kesempatan itu, Nana juga memberikan bantuan untuk sejumlah SLB, SMK dan SMA Negeri di Jateng secara simbolis, berupa mabelair, smart classroom dan peralatan institusional kejuruan yang bersumber dari APBD Jateng.

Adapula pemberian beasiswa dan bantuan rehab masjid. Total bantuan yang diserahkan lebih dari Rp 11,5 miliar.

BACA JUGA: Pasar Jongke Diresmikan Jokowi, Nana Sudjana Minta Masyarakat Menjaga dengan Baik

"Jadi (bantuan) itu merupakan gabungan (DAK dan APBD). Kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Nana.

Dengan bantuan yang diberikan, lanjut dia, bisa diotimalkan oleh para guru, sehingga menjadikan para siswa berprestasi dan siap pakai di dunia kerja.

Peningkatan pendidikan vokasi, tandas Nana, menjadi concernnya. Apalagi, seiring banyaknya perusahaan dalam dan luar negeri yang menanamkan investasinya ke Jateng. Perusahaan-perusahaan tersebut tentu membutuhkan tenaga kerja terampil.

"Jadi mereka membutuhkan para pekerja. Sehingga pekerja ini kita siapkan. Ini juga merupakan salah satu program prioritas kami," tuturnya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Triman menyampaikan, siswa-siswi lulusan SMKN 9 Surakarta mayoritas bekerja di industri yang relevan.

Adapula yang berwirausaha dan bahkan terdapat siswa yang belum lulus, tetapi sudah berhasil merintis usaha.

"Bahkan ada anak kami kelas 12 jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang sukses. Karena usaha orang tuanya ini jualan kambing ettawa, anak ini mendesain untuk promosinya, bahkan anak ini sudah memiliki 6 karyawan yang membuat boneka kepala kambing," terangnya.

Triman menyampaikan terima kasih atas bantuan sarana prasarana yang diberikan Pemprov Jateng. Bantuan tersebut akan mendukung proses belajar para siswa, sehingga bisa mengasah ketrampilannya.(jpnn.com)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler