Pj Gubernur Jateng Ingin Sukses Pemilu 2024 Terulang di Pilkada Serentak

Minggu, 04 Agustus 2024 – 18:49 WIB
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana di acara Kenal Pamit Kapolda Jateng di halaman Mapolda Jateng pada Sabtu (3/8) malam. Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menghadiri acara Kenal Pamit Kapolda Jateng di halaman Mapolda Jateng pada Sabtu (3/8) malam.

"Terima kasih kepada Komjen Pol Ahmad Luthfi atas kerjasamanya selama menjabat sebagai Kapolda Jateng dan selamat atas tugas barunya sebagai Inspektur Jenderal di Kementerian Perdagangan," kata Nana di sela-sela acara.

BACA JUGA: Nana Sudjana Senang Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024 Berlangsung Meriah

Nana juga menyambut Irjen Pol Ribut Hari Wibowo pengganti Ahmad Luthfi sebagai Kapolda Jateng yang baru.

BACA JUGA: Hadiri Pelantikan Pengurus PWNU Jateng, Nana Sudjana Ajak Tingkatkan Sinergi

"Selamat datang di Jawa Tengah dan selamat bertugas untuk Kapolda Jateng yang baru Irjen Pol Ribut Hari Wibowo," ucapnya.

Dia menilai selama menjabat sebagai Kapolda Jateng lebih dari empat tahun, Ahmad Luthfi telah memimpin Polda Jateng dengan baik, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

BACA JUGA: 1 Polisi Tewas Diserang Pelaku Penganiayaan, Kanit Pidum Luka Parah, Begini Kejadiannya

Berbagai prestasi juga ditorehkan oleh Polda Jateng di bawah komando Irjen Luthfi, salah satunya berhasil mengungkap kasus-kasus mafia tanah.

Polda Jateng juga terus mendukung pemerintah dalam pengendalian inflasi di Jawa Tengah melalui Satgas Pangan.

Atas kolaborasi tersebut Provinsi Jateng berhasil meraih predikat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berkinerja terbaik untuk kategori provinsi di kawasan Jawa dan Bali pada TPID Award 2024.

"Yang paling OK, tentu saja Pak Luthfi ini memegang rekor menjabat sebagai Kapolda Jateng, yaitu selama empat tahun lebih, ditambah jabatan sebagai wakapolda dua tahun. Jadi enam tahun lebih memimpin Polda Jateng," tutur Nana.

Kepada Ribut Hari Wibowo, Nana berharap sinergitas dan kekompakan bersama Forkopimda Jateng bisa terus terjalin dengan baik. Khususnya dalam upaya mewujudkan keamanan dan kondusivitas di provinsi itu.

"Selamat bergabung di Forkopimda Jateng, Mas Ribut. Bapak sudah sangat memahami kondisi masyarakat Jawa Tengah, karena pernah bertugas sebagai Kapolres di beberapa wilayah di Jawa Tengah. Jadi, tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi, bisa langsung tancap gas," ujar Nana.

Tantangan pertama Ribut Hari Wibowo sebagai Kapolda Jateng adalah Pilkada Serentak 2024. Tahapan penyelenggaraan Pilkada sudah dimulai,  dan puncaknya adalah pemungutan suara pada 27 November 2024.

"Hal ini kami sampaikan karena Pilkada ini lebih rawan dibandingkan pilpres dan pileg. Itu tantangan pertama Mas Ribut dan kita semua," ucapnya.

Berdasarkan pengalaman Pilpres dan Pileg yang lalu, Polda Jateng telah mendukung terwujudnya pemilu aman dan damai di Jawa Tengah. Nana ingin hal itu dapat diwujudkan lagi dalam Pilkada Serentak 2024.

"Kita harus bersinergi bersama Forkopimda, instansi terkait, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada sebagaimana Pilpres kemarin," tutur Nana. (*/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler