Pj Gubernur Sumsel Ajak Semua Pihak Wujudkan Kesejahteraan dan Kemakmuran Rakyat

Kamis, 05 Oktober 2023 – 19:47 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengaku bangga melihat penghargaan yang telah diraih Provinsi Sumsel dalam lima tahun terakhir. Foto: dok Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengaku bangga melihat penghargaan yang telah diraih Provinsi Sumsel dalam lima tahun terakhir.

Agus mengatakan di bawah kepemimpinan Gubernur Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya (HDMY) Sumsel sukses menorehkan prestasi.

BACA JUGA: Sinergi Pertamina Group Turunkan Lebih 200 Personel Bantu Atasi Karhutla di Sumsel

Menurutnya, keberhasilan Pemprov Sumsel mengoleksi 214 penghargaan tingkat nasional merupakan bukti kekompakan dan sinergi pasangan Herman Deru dan Mawardi Yahya bersama Forkopimda dan instansi vertikal berkolaborasi dalam memajukan Sumsel dari segala sektor pembangunan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada beliau berdua yang memimpin dan membawa kemajuan Sumsel sehingga menjadi provinsi terdepan yang memiliki banyak prestasi dan capaian," kata Fatoni saat memberi sambutan dalam acara penyerahan memori jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel periode 2018 - 2023 kepada Pj Gubernur, dan penyerahan memori jabatan ketua dan wakil ketua TP PKK Sumsel kepada Pj Ketua TP PKK Sumsel periode 2018 - 2023, di rumah dinas Griya Agung Palembang, Rabu (4/10).

BACA JUGA: Gerak Cepat, Pj Gubernur Langsung Bahas Penanganan Karhutla di Sumsel

Fatoni pun mengucap syukur telah menjadi bagian dari Sumsel. Terlebih daerah kelahirannya Desa Sukabumi Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung berbatasan langsung dengan Kabupaten OKU Timur.

Oleh karena itu, ditunjuk menjadi Pj Gubernur Sumsel merupakan kebanggaan tersendiri dan amanah yang tidak ringan yang harus dikerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

BACA JUGA: Agus Fatoni Dilantik jadi Pj Gubernur Sumsel, Mendagri: Saya Minta Tangani Karhutla

"Saya pernah diberi kesempatan untuk menjadi Pj Sulawesi Utara. Dan hari ini amanah yang kami emban akan kami jalankan dengan baik agar Sumsel tetap maju, berkembang, dan masyarakatnya sejahtera," ucapnya. 

Fatoni membeberkan bahwa prestasi tentu tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Harus ada dukungan tokoh masyarakat, Forkopimda, dan OPD secara bersama-sama.

"Alangkah baiknya kita bekerja bersama-sama. Penghargaan yang begitu banyak 214 itu adalah prestasi. Penghargaan hanya sebagai simbol bahwa di dalamnya sudah banyak capaian," terangnya.

Dia menilai semua prestasi yang dicapai tersebut merupakan suatu hal yang bagus, Sumsel memang sangat maju.

"Inilah tugas kita bersama untuk mempertahankan dan meningkatkan. Kami tidak bisa bekerja sendiri. Maka perlu dukungan semua," ujarnya.

Untuk itu Fatoni mengajak semua pihak agar bisa meneruskan prestasi-prestasi yang telah diraih, menjaga dan merawat agar Sumsel menjadi provinsi terdepan dari daerah lain di Indonesia. 

Dia mengajak semua pihak bersatu dan melaksanakan kewajiban dengan sebaik-sebaiknya. "Untuk mendorong Sumsel makin maju, berjaya, dan masyarakatnya makin sejahtera," pungkas Fatoni.

Herman Deru didampingi Mawardi Yahya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemprov Sumsel mulai dari eselon tertinggi sampai honorer atas dukungannya dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Kemajuan dan prestasi selama ini tidak mungkin terwujud tanpa sinergitas," katanya.

Herman Deru juga mengucapkan selamat datang kepada Pj Gubernur Agus Fatoni dan Pj Ketua TP PKK Sumsel Tiyas Fatoni.

Menurutnya, Pj Gubernur Fatoni merupakan sosok yang sudah sangat akrab dengan Bumi Sriwijaya karena selalu hadir hampir setiap kegiatan penting di Pemprov Sumsel.

Herman Deru mendoakan agar Agus Fatoni dan istri dapat menjalankan tugas dengan baik dan sukses di tengah persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sedang terjadi.

"Kalau Inflasi di Sumsel sudah tekendali, kemiskinan ekstrem sudah menurun. Dan saya yakin Pak Agus Fatoni bisa lebih menekan lagi angka kemiskinan ekstrem," harapnya. 

Meski sudah tidak menjabat sebagai Gubernur Sumsel, Herman Deru mengharapkan komunikasi dan silaturahmi dapat terus terjalin.

Herman juga Deru mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda atas sinergitas dan kerja samanya selama ini. Dia berharap kerja sama baik dapat berlanjut dengan Pj Gubernur Agus Fatoni.

"Begitu banyak yang ditorehkan oleh Pemprov Sumsel, terbukti ada 214 penghargaan yang diraih. Itu bukanlah prestasi saya tapi ini berkat sinergitas dan soliditas antarsemua komponen demi mewujudkan Sumsel Maju Untuk Semua," pungkasnya.

Prosesi penyerahan memori jabatan Gubernur Sumsel periode 2018-2023 diserahkan langsung oleh Herman Deru kepada Pj Gubernur Agus Fatoni. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima jabatan.

Begitu pun dengan memori jabatan Ketua TP PKK Sumsel periode 2018-2023 diserahkan langsung oleh Febrita Lustia HD kepada Pj Ketua TP PKK, Tyas Fatoni.

Turut hadir dalam acara tersebut, sejumlah pejabat di lingkungan Direktorat Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Forkopimda Sumsel, para instansi vertikal, bupati/wali kota se-Sumsel, sekretaris daerah beserta istri serta para kepala OPD dan biro di lingkungan Pemprov Sumsel. (jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler