Pj Gubernur Sumsel Dorong Prestasi Lahat

Selasa, 21 Mei 2024 – 17:18 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat yang telah meraih berbagai capaian prestasi. Foto: dok Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat yang telah meraih berbagai capaian prestasi. 

Hal itu disampaikan Agus Fatoni didampingi Pj Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumsel Tyas Fatoni saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lahat X Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2024 dalam rangka Memperingati Hari Jadi ke-155 Kabupaten Lahat.

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni Serahkan Berbagai Bantuan & Penghargaan di Acara HUT ke-78 Sumsel

Kegiatan ini berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (20/5).

Dia berharap capaian tersebut dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan ke depannya.

BACA JUGA: Brimob Polda Sumsel Gagalkan Penyelundupan 11 Ton BBM Ilegal

"Atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Sumatera Selatan, saya mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Lahat, semoga semakin maju, berkembang dan masyarakatnya sejahtera. Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas capaian kinerja Kabupaten Lahat. Semoga ini terus dapat dipertahankan, ditingkatkan dan mari terus bersemangat berkarya, bekerja membangun daerah," kata Fatoni.

Fatoni jug menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergi dan kolaborasi antara Pemprov Sumsel dan Pemkab Lahat yang telah menjaga daerah tetap kondusif juga membantu mempertahankan status Sumsel zero konflik.

"Kita harus terus perlu membangun, menjaga iklim kondusif dan alhamdulillah berkat kekompakan kita Sumsel menjadi daerah zero konflik. Tentu ini tidak lepas dari sinergi antar Pemkab, Pemkot, bersama Pemprov Sumsel," jelas Fatoni.

Pada momentum hari jadi ke-155 Kabupaten Lahat, Fatoni mengingatkan tiga makna yang perlu diingat, yaitu rasa syukur, sarana intropeksi diri dan ajang membuat perencanaan yang hendak dilakukan di masa mendatang.

Lebih jauh, Fatoni juga menyampaikan berbagai program Pemprov Sumsel yang membutuhkan dukungan dari kabupaten dan kota. Mulai dari pengendalian inflasi, penanganan stunting, penanganan kemiskinan ekstrem, penanganan bencana alam dan menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Terma kasih atas kerja kepala daerah di Sumsel yang selalu melakukan pembangunan. Program prioritas daerah perlu terus digalakkan. Mendekati Pilkada, kita terapkan Pilkada damai. Alhamdulillah pada pemilihan Caleg dan Presiden kemarin di Sumsel cukup kondusif, tertib, dan aman," ucap Fatoni.

Sebagaimana diketahui, Sumsel memiliki adat budaya dan sejarah yang perlu dilestarikan. 

Oleh karena itu, dalam waktu dekat Fatoni akan membentuk tim pembangunan Museum Sriwijaya yang diperuntukkan sebagai tempat mengenal sejarah di Bumi Sriwijaya.

"Budaya dan adat istiadat yang kaya di Sumsel ini juga perlu kita lestarikan, baik makanan, wastra, wisata, sejarah dan ini kita akan bangunkan Museum Sriwijaya. Akan kita bentuk tim untuk mewujudkanya, perlu juga dukungan semua pihak. Ini akan menjadi kebanggaan bagi kita semua," ungkapnya.

Terakhir, Fatoni meminta Pemkab Lahat untuk menyukseskan berbagai Gerakan Serentak yang tengah Pemprov Sumsel gencarkan.

Beberapa di antaranya, Program Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak se-Sumsel (GPISS), Gerakan Pasar Murah Serentak se-Sumsel (GPMSS), Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel (GBRSS), Gerakan Penanganan Stunting Serentak se-Sumsel (GPSSS) dan Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumsel (GPSSS).

"Gerakan serentak perlu kita kerahkan agar semua bergerak dan permasalahan cepat teratasi, Mulai dari penanganan inflasi, pembangunan sanitasi, bedah rumah yang akan memperbaiki sebanyak 8.391 rumah di seluruh Sumsel yang kita galakkan untuk menekan angka kemiskinan. Jumlah ini akan bertambah jika semua pihak terlibat didalamnya, untuk itu mari kita sukseskan bersama," jelasnya.

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid mengapresiasi seluruh pihak dari semua elemen masyarakat yang telah mendorong kemajuan Kabupaten Lahat.

"Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada jajaran Forkopimda dan masyarakat yang ikut membantu berkontribusi mendorong kemajuan Lahat, mewujudkan Lahat beradab dan bermartabat," kata Farid.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, di antaranya Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Anita Noeringhati, Pj Ketua TP PKK Lahat Adhitya Trinia Farid, Anggota DPRD Sumsel Pipa Sardi, Bupati Lahat Periode 2008-2018 Saifudin Aswari Rivai dan tamu undangan penting lainnya. (jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Sumsel   pemprov Sumsel   Lahat   Budaya  

Terpopuler