Pj Gubernur Sumsel: Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan Didukung Banyak Pemda

Rabu, 06 Maret 2024 – 22:24 WIB
Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni bersama sejumlah kepala daerag saat beraudensi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (5/3). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengungkapkan seluruh pemerintah daerah (pemda) siap mendukung percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

Pemda dimaksud antara lain Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan, Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Pemkab OKU, Pemkab OKU Selatan, dan Pemkab Lampung Barat.

BACA JUGA: Baru 2 Maskapai yang Akan Beroperasi di Bandara Gatot Subroto 

“Kami hadirkan seluruh bupati yang ada di situ, ada Kabupaten Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan dan Lampung Barat. Pemda siap mendukung ini,” kata Pj Gubernur Agus Fatoni dalam keterangan resminya yang diterima, Rabu (6/3).

Fatoni menyampaikan hal itu saat beraudensi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (5/3).

BACA JUGA: Jelang Ramadan, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Hadiri Rakor HBKN dan Pengendalian Inflasi

“Bahkan Pemda dari sisi anggaran sudah siap mendukung. Jadi dari sisi anggaran sudah siap, hubungan perusahaan-perusahaan pendukung sudah siap, bandara sudah siap, hanya perlu pembenahan sebentar, sedikit lagi sudah lebih siap lagi,” tegasnya.

Hal ini dikarenakan bukan hanya satu daerah saja yang nantinya menerima manfaat, melainkan akan ada enam kabupaten sekaligus.

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan Kabar Baik Soal Produksi Padi di Sumsel, Alhamdulillah

Salah satu faktornya adalah lokasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan yang berada di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung.

“Yang menerima manfaat hadirnya bandara ini cukup banyak, ada enam kabupaten dan kebetulan posisinya ada di perbatasan Sumsel dan Lampung. Namun yang terdekat justru itu di Kabupaten OKU Timur ibu kotanya Martapura, kemudian Way Kanan, Batu Raja, Muara Dua kemudian Lampung Barat,” beber Fatoni.

Fatoni pun berharap percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan bisa segera selesai dalam waktu dekat dan bisa dioperasikan oleh masyarakat Sumsel dan Lampung.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengaku pihaknya sudah menyiapkan anggaran khusus guna percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

“Kami sudah banyak membangun kantor yang baru untuk keberangkatan dan kedatangan. Kami sudah anggarkan, kami prinsipnya siap,” tegas Bupati Raden Adipati Surya.

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin juga sangat berharap pengaktifan kembali Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

Hal ini dikarenakan Kabupaten OKU Timur nantinya akan mendapatkan keuntungan dari seluruh penerbangan yang ada.

“OKU Timur akan mendapat berkah dari semua penerbangan yang ada. Saya mohon izin untuk segera dioperasikan,” harapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Baturaja juga berharap pada Kementerian Perhubungan untuk dapat menghibahkan shuttle menuju Bandara Gatot Subroto Way Kanan jika sudah beroperasi kembali.

Senada dengan hal tersebut, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo mengaku siap berkomitmen dan mendukung semaksimal mungkin dikarenakan demi kebutuhan masyarakat luas juga mempromosikan wisata di daerah tersebut.

“Wisata OKU Selatan, yaitu Danau Ranau sangat indah sekali namun permasalahannya adalah terkait transportasi. Besar harapan kami dengan adanya bandara ini membuat wisata lebih bagus. Ada bendungan Tiga Dihaji, insyallah tahun ini bendungan akan selesai,” kata Bupati Popo Ali Martopo.

“Jadi sekali lagi kami siap mendukung semaksimal mungkin karena ini nantinya akan jadi manfaat bagi kami,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, turut hadir sejumlah pejabat di antaranya Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin, Bupati OKU Teddy Meilwansyah, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo dan Bupati Lampung Barat Nukman.

Hadir juga Kepala Dinas Perbuhubungan Sumatera Selatan Aprizal Hasyim, Kepala Dinas Perbuhubungan Lampung Helmy Zain, Kasubdit Dukungan Teknis Perencanaan Anggaran Daerah Muhammad Valiandra dan lainnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler