Pjs Gubernur Bahtiar Jalan Sehat, Tanam Pohon, Blusukan Bagi-bagi Masker

Jumat, 06 November 2020 – 12:53 WIB
Pjs Gubernur Kepri Bahtiar dan jajaran pejabat Pemprov Kepri aksi tanam pohon kelapa di Pulau Dompak. Foto: Humas Pemprov Kepri

jpnn.com, JAKARTA - Pjs Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemprov Kepri untuk mendukung dan ikut berpartisipasi dalam gerakan penghijauan di Dompak, Tanjungpinang.

Bahtiar mengatakan, penghijauan penting agar lingkungan kerja menjadi asri dan mendukung pengembangan Dompak sebagai salah satu destinasi wisata.

BACA JUGA: Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Minta Pemko Batam Beli Alat Tes PCR

“Dompak ini pulaunya indah sekali. Saya berharap langkah kecil yang dilakukan hari ini akan diikuti oleh semua ASN dan akan berdampak besar pada masa mendatang. Impian besar saya, pulau ini akan kita (Pemprov Kepri, red) jadikan pulau buah, dengan beragam spesies buah dari berbagai negara,” kata Bahtiar sesaat setelah melakukan Penanaman Pohon di seputar Kantor Satpol PP Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungsiambang, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (05/11).

Bahtiar, Sekdaprov H.TS Arif Fadillah dan masing-masing OPD pada kesempatan ini menanam satu pohon buah.

BACA JUGA: Bertemu Datuk Zainal Abidin Bakar, Bahtiar Minta Akses Kepri-Malaysia Dibuka Lagi

Kegiatan tanam pohon ini juga melibatkan RT/RW yang berada di Pulau Dompak.

Pohon buah yang kali ini ditanam adalah pohon kelapa dan pohon alpukat serta mangga.

BACA JUGA: Honorer K2 Lulus PPPK, Tolong Simak PerMenPAN-RB Nomor 66 Tahun 2020

Bahtiar yang masih menjabat sebagai Dirjen Polpum Kemendagri ini menjelaskan bahwa kelapa yang ditanamnya ini memiliki banyak manfaat di antaranya untuk mencegah abrasi.

Juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku bagi industri pengolahan kelapa yang telah ada di Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

“Industrinya ada di sini, namun bahan baku kelapanya masih dari Jambi dan Riau. Potensi ini seharusnya kita (masyarakat Kepri, red) manfaatkan. Dengan ribuan pulau di Kepri seharusnya kita bisa menanam jutaan bahkan milliaran pohon kelapa yang bisa menjadi sumber pendapatan baru masyarakat sekaligus sebagai kegiatan untuk menjaga lingkungan dan menjaga kedaulatan pangan,” jelasnya.

Aksi tanam pohon sebagai satu rangkaian aktivitas Jalan Santai Pjs Gubernur bersama pejabat dan staf serta ASN di lingkungan Pemprov Kepri.

Aktivitas Jalan Santai bermula dari Jembatan 2 Dompak, menuju ke Kantor Dinas Kebudayaan, dilanjutkan menyusuri belakang Kantor Gubernur dan masuk ke permukiman penduduk Tanjungsiambang, dan berakhir di Kantor Satpol PP.

Di kawasan permukiman, Bahtiar menyempatkan diri menyapa masyarakat dan berbagi masker serta memberikan pengetahuan tentang cara pemakain masker yang benar untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Terkait telah datangnya musim hujan saat ini, Bahtiar mengingatkan bahwa covid-19 dapat bertahan dan sangat suka di kondisi dingin dan lembab.

Oleh karena itu dirinya terus mengimbau agar selain mentaati ptokol kesehatan, agar masyarakat untuk menerapakn pola hidup bersih dan sehat, rajin berolahraga, dan berjemur di sinar matahari pagi serta mengkonsumsi makanan yang sehat. (rls/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler