PKB Bentuk Gerakan Indonesia untuk Pemilu Bersih

Rabu, 02 Oktober 2013 – 08:08 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menyongsong pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2014, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membentuk Gerakan Indonesia untuk Pemilu bersih.

Ketua DPP PKB, Marwan Jafar ditemui di Gedung DPR RI, Selasa (1/10) mengatakan gerakan ini diharapkan bisa diikuti baik oleh partai politik lain, lembaga swadaya masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

BACA JUGA: Peserta Tes CPNS Terganjal Soal Wawasan Kebangsaan

"PKB sudah membentuk Gerakan indonesia untuk Pemilu Bersih. Biar nanti disambut sama yang lain, Parpol boleh, LSM boleh, Pengamat juga boleh," kata Marwan.

Menurutnya, sedini mungkin PKB memberikan 'warning' kepada lembaga penyelenggara pemilu bahwa bila kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu bisa massif, indikasinya sudah terlihat dalam berbagai Pilkada daerah.

BACA JUGA: Jelang Ganti Kapolri, Kinerja Polisi Loyo

Bahkan, kata dia, kecurangan-kecurangan Pemilu saat ini terjadi dalam beragam bentuk. Seperti melalui media informasi dan teknologi (IT) dan hingga lewat tangan-tak tak terlihat yang mempengaruhi masyarakat untuk memilih.

"Dalam bahasa kasarnya, ada jual-beli suara. Ada tanda-tanda, bahwa kecurangan itu akan terjadi lagi dan money politic itu cukup merisaukan," jelasnya.

BACA JUGA: Anggota DPD: Dahlan Itu Pantas, Titik

Karena itu, lanjut Marwan, kalau pragmatisme bisa bisa dikikis, maka bisa menghasilkan. "Tidak seperti hari ini, babak belur kita, DPR. Bahkan, sampai disurvei-survei segala. DPR malas hadir, ruang-ruang sidang kosong, Prolegnas tidak terpenuhi," ungkap Ketua Fraksi PKB DPR itu.

Untuk itu pula Marwan meminta lembaga-lembaga survei bisa mempertanggungjawabkan apa yang mereka lakukan. Tidak seperti sekarang ini, di mana lembaga survei menjamur dan sulit dikendalikan lantaran hasilnya menjadi jualan politik.

"Dan Pak Prabowo kemarin mensinyalir seperti itu, rata-rata lembaga survei dibayar, Kalau yang punya duit yang menang, maka kaderisasi politik di DPR mandeg. Kader-kader inti yang berjuang bertahun-tahun tidak akan terpilih, karena tidak punya uang," tuturnya.

"Ini lah yang disebut liberalisme politik yang lahir dari politik mahal. Itu lah yang melatarbelakangi PKB melahirkan gerakan pemilu bersih," timpalnya.(Fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Amerika Shutdown, Indonesia Restart


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler