PKNU Optimis Ikut Pemilu 2014

Minggu, 12 Desember 2010 – 21:32 WIB

SURABAYA - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Chariul Anam optimis partai yang dipimpinnya tetap ikut Pemilu 2014, meski tidak lolos parliamentary threshold (PT) pemilu 2009Dia menilai, partai yang berkuasa sengaja menghembuskan wacana agar partai-partai yang tidak memiliki kursi di DPR segera bergabung dengan partai lain.

"Itu isu, sekarang partai yang berkuasa luar bisa upayanya untuk tetap berkuasa

BACA JUGA: PDIP Curigai Ide Gubernur Dipilih DPRD

Jadi partai yang tidak lolos PT itu diisukan tidak ikut pemilu supaya cepat-cepat bergabung," kata Chairul Anam pada acara pembukaan Muktamar PKNU I di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Minggu (12/12).

Menurut pria yang akrab disapa Cak Anam ini, jika PKNU dilarang ikut Pemilu maka sama saja melanggar Undang-udang Dasar 1945
Karena itu, ia meminta kepada kader PKNU untuk tetap semangat.

"Karena itu saya minta kawan-kawan dari Aceh sampai Papua yang datang ke sini, jangan sekali-sekali mengatakan PKNU tidak ikut pemilu

BACA JUGA: Mundur Dari Demokrat, Adik Sultan Panen Dukungan

Tetap ke Pemilu, yang melarang PKNU, melanggar Undang-undang Dasar 1945," katanya.

Turut pula dalam acara pembukaan itu pendiri PKNU, KH Abdullah Faqih, Sekretaris Dewan Syuroh DPP PKNU, Alwi Sihab, Sekjen DPP Partai Bulan Bintang (PBB), BM Wibowo, dan Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi Partai Demokrat, Achsanul Qosasi.

Cak Anam mengatakan, meskipun partainya tidak lolos PT pada Pemilu 2009 namun pihaknya tetap bangga
Alasannya, suara yang diperoleh sebanyak 1,5 juta atau 1,4 persen dan berada diurutan 11 bukan dari beli suara

BACA JUGA: Demokrat Tetap Ingin Gubernur Dipilih Langsung

Apalagi kata dia, PKNU baru lahir tahun 2006.

"Kalah tapi kita tetap bangga, masih bayi sudah diurutan ke-11Suara itu dihasilkan tidak dari membeli, tidak ada suap-suapanAda yang habis triliunan tapi hanya mendapatkan tujuh kursiKita ini tidak habis apa-apa, hanya kyai berpidato saja itu masih urutan 11," tukasnya.

Ketua Panitia Mukatamar I PKNU, Muchtar Cholil mengatakan saat ini sudah 27 DPW dan 267 DPC yang sudah terdaftar"Sebagian masih ada diperjalananPesertanya sekitar 2 ribu orang," katanya.

Pelaksanaan Muktamar PKNU sendiri akan digelar 13-14 di atas KMP Lambelu milik PT Pelni di perairan Laut JawaSelama dalam perjalanan Tanjung
Perak, Surabaya-Tanjung Priok, Jakarta, muktamirin akan membahas isu-isu penting dan memilih Ketua Umum DPP PKNU periode 2010-2015(awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Golkar Persilakan Sultan HB X Mundur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler