PKS Mengajukan Sohibul Iman jadi Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta

Minggu, 23 Juni 2024 – 18:45 WIB
Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) mengajukan nama Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta.

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengatakn bahwa PKS sebagai partai pemenang pemilu di Jakarta memutuskan akan mengusung kader terbaik sebagai cagub.

BACA JUGA: Analisis soal Duet Anies - Ahok atau dengan Kaesang, Ada Kata Dendam

"Kandidat yang kami usung ialah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat wakil ketua Majelis Syura PKS," kata Mabruri dalam keterangannya, Minggu (23/6).

Menurut Mabruri,Sohibul Iman merupakan figur yang memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. Sohibul pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020.

BACA JUGA: Posisi PKS Strategis, Wajar Incar Posisi Cawagub DKI Jakarta

PKS di bawah kepemimpinan Sohibul mengalami peningkatan suara dan kursi secara signifikan dari 8,46 juta suara (6,77 persen) di 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21 persen) di 2019.

“Artinya beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik,” ungkapnya.

BACA JUGA: Tegas, Fraksi PKS Menolak Pemberian Bansos untuk Pelaku Judi Online

Dia menambahkan Sohibul Iman juga pernah tiga kali terpilih menjadi anggota DPR RI, yakni pada periode 2009-2014, 2014-2019, dan 2024-2029. Sohibul sempat menjabat sebagai wakil ketua DPR RI.

Sebelum terjun ke dunia politik, Sohibul juga dikenal sebagai seorang teknokrat dan cendekiawan Muslim. Sohibul lama berkecimpung dalam bidang teknologi di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) Kemenristek RI.

Sohibul juga pernah menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina, serta memimpin berbagai lembaga nirlaba yang fokus pada pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

“Pak Sohibul Iman ini figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. Beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang handal, politikus yang mumpuni, dan intelektual,” kata Mabruri. (mcr4/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler