PLN Bangun PLTA 4x260 MW di Jabar

Rabu, 14 Desember 2011 – 17:59 WIB

JAKARTA  - PT PLN (Persero) akan segera membangun PLTA Upper Cisokan Pumped Storage berkapsitas 4 x 260 Megawatt (MW) di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ini menyusul ditandatanganinya loan agreement antara Pemerintah RI dengan Bank Dunia dan project agreement antara PLN sebagai executing agency dengan IBRD pada 29 November lalu.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto menyatakan, penandatanganan perjanjian dilakukan karena PLN telah memenuhi persyaratan-persyaratan pinjaman antara lain, Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP), Environmental Impact Assessment (EIA), Environmental Management Plan (EMP), Dam Safety Plan, Project Implementation Plan (PIP), Project Review Panel dan Environmental Social Panel, serta Surat Keputusan Penetapan Lokasi.

"Semua persyaratan tersebut untuk menjamin agar pelaksanaan konstruksi dan operasi PLTA nantinya dapat berjalan dengan baik," ujar Bambang melalaui pers rilisnya, Rabu (14/12).

Dijelaskan Bambang, PLTA Upper Cisokan dengan sistem pumped storage pertama di Indonesia ini akan menghabiskan biaya sebesar USD 800 juta, terdiri dari pinjaman sebesar USD  640 juta untuk pekerjaan utama dan APLN/APBN sebesar USD 160 juta untuk pekerjaan prasarana dan pembebasan tanah.

"PLTA ini mempunyai dua buah reservoir yaitu upper reservoir (waduk atas) dan lower reservoir (waduk bawah)Pola operasi PLTA adalah, pada waktu beban puncak antara pukul 17.00-22.00 air akan dilepas dari upper reservoir ke lower reservoir untuk menghasilkan listrik, kemudian pada waktu di luar beban puncak air akan dipompakan kembali dari lower reservoir ke upper reservoir memanfaatkan energi dari sistem Jawa Bali," terangnya.

Dengan demikian lanjut Bambang, PLTA ini bisa beroperasi sepanjang tahun tanpa mengganggu debit sungai dan irigasi yang berada di sekitarnya atau tidak tergantung debit sungai dan musim)

BACA JUGA: Cikini Gold Center Jadi Pasar Emas Terbesar

Kalaupun dibutuhkan tambahan air, hanya digunakan sedikit air untuk mengatasi penguapan di waduk tersebut.

"PLTA pomped storage memiliki nilai keekonomian yang tinggi
Listrik yang dihasilkan nanti dapat pengganti pembangkit PLTG dengan BBM yang sangat mahal, sedangkan untuk memompa dipakai listrik dari PLTU batubara yang relatif murah," imbuhnya.

Ditambahkan Bambang, Surat Keputusan (SK) Penetapan Lokasi PLTA tersebut dari Gubernur Jawa Barat telah terbitkan pada  tanggal 27 Oktober 2011

BACA JUGA: Tutup Financing Gap, PLN Pinjam Rp 7,5 T

Oleh karena itu, proyek PLTA Upper Cisokan sudah bisa mulai dibangun.

"PLTA Upper Cisokan Pumped Storage 4x260 MW diharapkan bisa mulai beroperasi tahun 2016 mendatang
Ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan beban puncak sistem Jawa Bali yang saat ini sudah mencapai 20.000 MW, dan diprediksi pada tahun 2016 akan mencapai 29.000 MW," pungkasnya

BACA JUGA: BII Perluas Jaringan Syariah

(yud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Astra Bangun Pabrik Rantai Sepeda Motor di Tiongkok


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler