PLN Janji Bantu Perbaikan Elektronik Warga

Kamis, 18 Februari 2010 – 06:19 WIB

KROYA-Setelah puluhan warga mengadu ke PLN UPJ Kroya terkait kerusakan barang-barang elektronik akibat terjadinya konsleting di trafo bertegangan 50 KVA pada tiang JE0687 di Desa Karangmangu, PLN berjanji akan membantu perbaikan barang-barang elektronik warga yang rusak.

Kepada Radarmas, kemarin (17/2) Manager PLN UPJ Kroya Joko Suhartono melalui Bagian Teknik Karmijan menjelaskan, ledakan sebenarnya bukan dari trafonyaSebab trafo masih berfungsi dengan baik saat petugas pelayanan ganguan melakukan pengecekan ke lokasi

BACA JUGA: Masjid Jamik Dibangun Kembali

“Dari laporan yang kami terima ledakan dimungkinkan dari hubungan arus pendek kabel konduktor yang putus dan mengenai kabel jaringan lainnya pada Jaraingan tegangan rendah (JTR)
Karena itu membuat suaranya seperti meledak,” kata dia.

Dia menjelaskan, laporan warga sudah diterima dan akan ditindak lanjuti dengan membantu perbaikan barang-barang milik warga yang saat itu rusak karena konsleting listrik kecuali kerusakan lampu

BACA JUGA: Sudah 6 Senjata Organik Brimob Dirampas OTK

“Kalau benda-benda lektronik yang rusak memang kami berupaya untuk membantu, namun untuk lampu kami tak bisa membantu,” ujarnya.

Ditambahkan Karmijan, kejadian itu murni karena faktor alam diluar kemampuan pihaknya
Sebab putusnya konduktor yang menghubungkan trafo dengan kabel jaringan bukan karena kesalahan pemasangan namun murni musibah.

“Kami tetap harus membantu warga sebagai bentuk pelayanan kami, jangan sampai warga mengalami kerugian meski hal itu bukan unsur kesengajaan,”bebernya

BACA JUGA: Kader PDIP Ancam Mundur Massal

Kar mijan mengatakan, trafo berkekuatan 50 KVA itu saat ini baru digunakan sekitar 75 persen atau sekitar 35 KVA untuk jaringan listrik yang dipasang oleh wargaJadi trafo masih aman, bahkan jika trafonya yang  meledak otomatis listrik akan mati semua karena tak berfungsi.

“Kemarin petugas kami langsung ke lapangan dan memastikan trafo tidak meledakKabel konduktor juga langsung diganti dan listrik tak ada maslah lagi, jadi warga tidak pelu lagi khawatir,” ujarnya memberikan jaminan.

Perwakilan warga Aman Husein mengaku sedikit lega karena PLN mau membantu meskipun hanya biaya perbaikan barang-barang elektronik yang rusakDia menjelaskan melalui desa perbaikan akan dikoordinasi agar lebih merata.

“Kami sendiri belum tahu bentuk bantuannya apakah seluruhnya atau bagaimana, namun kami sudah ditemui petugas dari PLN dan sudah menyerahkan sebagian biaya awal untuk perbaikan,” katanya.(yan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wakajati Kehilangan Berlian Seharga Rp400 Juta


Redaktur : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler