Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull terkejut ketika Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengundangnya untuk berkunjung ke Washington, di sela-sela pertemuan mereka di KTT APEC.

Pertemuan keduanya berlangsung di KTT APEC di Manila, dan ketika sedang bersiap-siap memberikan jumpa pers dengan wartawan, Presiden Obama membisiki PM Tunrbull bahwa dia mengundangnya untuk mengunjungi Washington.

BACA JUGA: Obat Pemati Rasa di Australia Diberi Label Resiko Serangan Jantung

"Salah satu hal yang ingin saya lakukan adalah saya akan mengumumkan bahwa saya mengundang anda ke Washington." kata Obama berbisik kepada PM Turnbull.

"Maaf ?" kata Turnbull entah karena tidak mendengar dengan jelas atau karena terkejut akan undangan tersebut.

BACA JUGA: Parkir Pinggir Jalan di Melbourne Mahal Banget!

"Saya akan mengatakan bahwa saya akan mengundang anda ke Washingto dan saya berharap anda menerima undangan itu." kata Obama mengulangi.

Namun tampaknya masih tidak mendengar dengan jelas apa yang dikatakan oleh Presiden AS tersebut, Turnbull bertanya lagi "bahwa anda akan.."

BACA JUGA: Bawa 360 Pebisnis ke Jakarta, Mendag Australia Tawarkan Kerjasama Multi-Bidang

Obama menjawab lagi 'mengundang anda ke Washington."

"Oh yeah, bagus tentu saja ," jawab Turnbull yang akhirnya dengan jelas mengerti ucapan Obama.

Presiden Obama kemudian secara resmi mengumumkan mengenai undangan dan diterimanya undangan tersebut oleh PM Turnbull.

Usaha kontra terorisme dan keamanan menjadi fokus pembicaraan resmi pertama antara PM Turnbull dan Presiden Obama, di KTT APEC yang dihadiri oleh lebih dari 20 negara di Manila.

Turnbull saat ini sedang dalam kunjungan ke negara keempat dari lima negara yang akan dikunjunginya. Dia sudah mengunjungi Indonesia, Jerman, Turki dan setelah Manila, akan ke Malaysia sebelum kembali ke Australia hari Jumat.

BACA ARTIKEL LAINNYA... PM Malcolm Turnbull Bahas Kontra Terorisme dengan Presiden AS Barack Obama

Berita Terkait