Polda Metro Jaya Periksa 20 Saksi Terkait Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

Rabu, 08 September 2021 – 19:58 WIB
Lapas Tangerang terbakar. Ilustrasi Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - Polda Metro Jaya memeriksa sedikitnya 20 orang saksi terkait kebakaran yang menewaskan 41 orang narapidana di Lapas Kelas I Tangerang, Banten pada Rabu (8/9) dini hari.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan pihaknya menduga terjadi tindak pidana yang berujung hangusnya blok hunian narapidana itu. 

BACA JUGA: DPR Minta Korban Kebakaran Lapas Tangerang Dapat Perawatan Memadai

"Kami mengumpulkan alat bukti. Di samping alat buktinya adalah pemeriksaan laboratorium, ada juga pemeriksaan saksi yang dilakukan kerja sama dengan Polres Metro Tangerang Kota," kata Tubagus.

"Saat ini kami sedang melakukan pemeriksaan terhadap 20 orang saksi."

BACA JUGA: Santri Tewas Dianiaya Senior, Sang Ibu: Sebelum Meninggal Dia Sempat Cerita

Dia mengungkapkan 20 orang saksi yang diperiksa terdiri dari petugas lapas, warga sekitar hingga penghuni. 

"(Sebanyak 20 saksi) terdiri dari yang piket jaga tadi malam. Kemudian yang kedua ada yang di sekitar, lalu yang ketiga penghuni di blok tersebut yang saat ini masih bisa dimintai keterangan," ujar Tubagus. 

BACA JUGA: 2 Wanita dan 6 Laki-Laki Sedang Mesum di Pantai, Dikira Suara Debur Ombak, Ternyata!

Dia menegaskan penyelidikan kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang saat ini masih dalam tahap awal dan tidak tertutup kemungkinan jumlah saksi yang diperiksa bertambah. 

Dia juga menjelaskan Tim Labfor Mabes Polri yang telah diturunkan untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) mengamankan sejumlah bukti untuk dipelajari lebih lanjut. 

"Hasil olah TKP ada beberapa yang kami bawa, antara lain kabel-kabel, beberapa alat listrik, dan saluran instalasi," katanya. 

Meski diduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik, Tubagus menegaskan hal itu bukan merupakan kesimpulan akhir penyelidikan. 

"Hasil barang yang dikumpulkan itu akan dianalisis secara laboratoris untuk menyatakan apakah itu merupakan sebab atau apakah itu merupakan akibat si kabel-kabel terbakar. Apa penyebabnya? Nah, itu hasil dari Labfor setelah dilakukan pemeriksaan," tutur Tubagus. (mcr8/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Foto Bripka AH dan Bripda RE Dibawa ke Tengah Upacara, Kapolres: Ini Perintah Kapolda


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler